Jangan Panik, Inilah Cara Mengatasi Tersedak Duri Ikan

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

DokterSehat.Com– Tersedak adalah sebuah kondisi di mana tenggorokan akan tersumbat akibat kemasukan benda asing yang sulit ditelan. Biasanya, tersedak terjadi akibat material keras, seperti permen, biji buah, dan satu lagi yang paling sering, yaitu duri ikan. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal serupa, bukan?

Ya,tersedak memang sangat menyebalkan dan bisa membuat panik. Sebab, selain rasa sakit, biasanya tersedak juga akan memberikan efek sesak dan sulit untuk bernapas. Tak heran, jika orang yang tersedak langsung bingung dan panik untuk mengeluarkan material tersebut dari tenggorokan.

Namun, jika Anda mengalami hal itu lagi, mulai sekarang tidak perlu panik. Sebab, semakin panik, maka material tersebut akan sulit dikeluarkan atau ditelan. Lantas, apa cara mengatasi tersedak duri ikan? Berikut diantaranya:

1. Batuk

Mungkin terkesan aneh, tapi cara ini terbilang efektif dalam mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Pertama-tama, tenangkan diri Anda terlebih dahulu, lalu cobalah untuk batuk. Namun, batuknya jangan keras-keras, tapi perlahan dengan ritme sesering mungkin sampai duri tersebut keluar.

2. Menelan Makanan Halus

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cara klasik, yakni menelan makanan halus, seperti sekepal nasi ataupun roti. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar duri yang tersangkut tersebut ikut masuk ke dalam akibat dari dorongan makanan yang Anda telan. Setelahnya, jangan lupa untuk meminum air putih sebanyak mungkin.

3. Makan Buah-Buahan yang Padat

Cara ini hampir sama dengan menelan sekepal nasi ataupun roti. Namun, buah yang dipilih haruslah buah dengan tekstur yang padat, seperti pisang. Sebab, jika buah lain yang banyak cairannya, maka akan sia-sia. Cobalah makan pisang dengan perlahan agar bobot dari pisang Anda telan bisa membuat duri tersebut luruh dan ikut masuk ke dalam.

4. Jangan Ambil Pakai Tangan Atau Benda Lain

Perlu diingat, ketika sedang tersedak, jangan sekali-kali mengambil risiko untuk mengatasinya sendiri. Apalagi menggunakan jari ataupun benda lain yang bertujuan untuk menarik duri tersebut. Hal ini cukup berbahaya. Kalaupun duri tersebut masih tersangkut, lebih baik Anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.