Siklus Tidur Amburadul? Atasi dengan 3 Jenis Makanan ini

doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

DokterSehat.Com– Tidur adalah keadaan istirahat alami yang terjadi pada tubuh beserta seluruh organ di dalamnya. Dengan tidur, seseorang akan dapat mengembalikan kondisi tubuh yang lelah, luka, atau bahkan infeksi. Sebab, tidur adalah cara alami tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri serta membuang racun yang menjadi ancaman bagi kesehatan. Oleh karenanya, tidur sangat penting dilakukan bagi setiap orang.

Namun, sayangnya pada saat ini tidak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur karena berbagai alasan, misalnya karena pekerjaan yang menumpuk di kantor. Alih-alih mendapati kesehatan, justru pola hidup yang salah membuat tubuh menjadi lemas dan rentan penyakit akibat kurang tidur. Akibat dari kebiasaaan serta pola hidup yang salah tersebut, alhasil jam tidur pun menjadi amburadul.

Untuk mengembalikannya tidak mudah, Anda harus memaksa diri agar bisa tertidur di waktu atau jadwal yang tepat seperti semula. Namun, untuk membantu dalam memperbaiki jadwal tidur, Anda bisa menggunakan 4 jenis makanan berikut ini:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang sering digunakan saat sedang melakukan program diet. Sebab, pisang bisa memberi rasa kenyang yang lama sehingga bisa membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung kadar tryptophan yang tinggi sebagai pelawan insomnia sehingga cocok dikonsumsi jika ingin memperbaiki jadwal tidur.

2. Salmon

Ikan salmon sangat kaya akan omega 3 yang bisa menangkal stres dan memberi efek tenang bagi Anda. Maka tak heran jika ikan salmon sering digunakan sebagai bahan untuk merileksasi diri. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan vitamin B6 yang bisa menstimulasi melatonin, yakni hormon tidur. Semakin sering Anda mengonsumsi ikan salmon, maka semakin baik pula kualitas dan kuantitas tidur yang Anda dapatkan.

3. Teh Herbal

Jika Anda mengalami kecemasan yang mengganggu tidur, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan teh herbal. Sebab, teh herbal bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang dengan memberikan rasa tenang dan rileks kepada setiap yang mengonsumsinya. Hal itu dikarenakan teh herbal memiliki kandungan flavonoid dan metabolit sekunder yang cukup baik.