Asam Urat Menyerang di Malam Hari? Begini Cara Mengatasinya

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Malam hari adalah salah satu waktu yang sangat rawan bagi penderita asam urat. Banyak dari mereka yang mengaku sampai harus terbangun saat tidur malam hanya gara-gara persendiannya mengalami serangan asam urat yang membuat sensasi nyeri, panas, dan bengkak. Berikut adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah asam urat ini dengan cepat dan efektif.

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah mengonsumsi obat asam urat yang diberikan oleh dokter. Obat ini biasanya adalah yang berjenis ibuprofen over-the-counter atau naproxen.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi aspirin yang justru kurang baik bagi kondisi asam urat. Selain itu, ada baiknya kita memperbanyak minum air putih demi membantu proses peluruhan dan pengeluaran asam urat sekaligus mencegah datangnya batu ginjal, masalah kesehatan yang terkait dengan asam urat.

Jika rasa nyeri atau pembengkakan cukup parah, segera ambil kantong es dan menempelkannya ke persendian yang terkena serangan asam urat. Jika tidak memiliki kantong es, kita bisa menyimpan balok es di dalam lap kain bersih dan menempelkannya ke persendian selama 20 hingga 30 menit. Selain itu, kita juga bisa mengangkat kaki lebih tinggi dari badan demi mengatasi pembengkakan.

Pastikan untuk tetap tenang dan tidak mudah stres karena stres ternyata bisa membuat asam urat menjadi semakin parah. Jika rasa nyeri ini tak kunjung mereda meski kita sudah melakukan berbagai tips ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.