Sakit Kepala Saat Puasa? Atasi dengan Cara ini!

doktersehat pusing saat puasa

DokterSehat.Com– Puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya fajar. Dalam melakukan puasa, kondisi tubuh menjadi tidak stabil akibat perubahan pola makan dan pola tidur.

Hal tersebut juga menyebabkan sering terjadinya gangguan tak terduga saat puasa, misalnya rasa lemas yang tak tertahankan. Kemudian, yang sering terjadi juga ketika sedang berpuasa adalah sakit kepala. Ya, sampai saat ini begitu banyak kasus sakit kepala terjadi pada orang yang berpuasa. Hal itu adalah wajar sebab tubuh belum terbiasa, apalagi di awal puasa. Namun, beberapa hari selanjutnya, keluhan itu akan mulai menghilang.

Nah, jika Anda merasakan hal serupa, yakni sakit kepala saat puasa. Jangan khawatir atau takut. Sebab, ada beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Perbaiki Pola Tidur

Saat sedang puasa, pola tidur seseorang akan berubah. Yang mulanya tidur dari malam hingga pagi, kini harus terbangun pada dini hari untuk melakukan sahur. Nah, sebaiknya Anda memperbaiki pola tidur dengan cara tidur lebih cepat. Dengan tidur lebih cepat, Anda bisa merasakan tidur yang cukup hingga akhirnya bangun untuk sahur. Setelah itu, jika sempat, usahakan tidur siang agar otak dan tubuh istirahat untuk menghindari sakit kepala.

2. Perbanyak Air Mineral

Pada sisi lain, dehidrasi adalah salah satu faktor penyebab sakit kepala. Saat puasa, sudah pasti tubuh akan mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan seharian penuh. Untuk mengatasinya, Anda harus memperbanyak konsumsi air mineral pada berbuka, malam hari, dan sahur. Dengan membutuhi kebutuhan air, maka Anda akan terhindar dari gejala sakit kepala saat berpuasa.

3. Perbaiki Emosional

Sakit kepala juga bisa dikarenakan faktor emosional yang tidak stabil. Emosional atau mood sendiri bisa ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya pekerjaan, kondisi tubuh, serta faktor lainnya. Nah, saat berpuasa, tubuh Anda akan mengalami perubahan pola, maka besar kemungkinan juga berpengaruh pada emosional Anda. Untuk itu, kelola emosional dengan baik dengan cara melakukan aktivitas menyenangkan, seperti mendengar musik, membaca buku, atau memasak.