DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menyadari bahwa ketika hamil Anda jadi lebih sering mengantuk? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Sebagian besar wanita hamil juga merasakan lebih mudah mengantuk walaupun telah mendapatkan tidur yang cukup. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Para ahli berpendapat bawha ada beberapa hal yang menyebabkan perempuan hamil lebih sering mengantuk. Pertama, saat hamil tubuh memiliki kondisi gula darah lebih tinggi dari biasanya. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah menyebabkan biochemical shock sehingga kadar oksigen berkurang dan cepat mengantuk.

Penyebab kedua, mengantuk juga dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Progesteron menyebabkan suhu tubuh naik dan hal ini dapat menyebabkan Anda mengantuk setiap saat. Rasa kantuk ini bisa dirasakan pada trimester pertama kehamilan saja, namun ada juga yang merasakan ngantuk berlebih sepanjang kehamilan.

Jika rasa mengantuk berlebihan ini mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Tidur
Tidak ada obat mujarab mengatasi ngantuk selain tidur. Sempatkan untuk tidur dalam perjalanan atau tidur sebentar di kantor jika memungkinkan. Tidur siang singkat sekitar 30 menit sudah cukup untuk membuat Anda segar kembali.

2. Berolahraga
Olahraga ringan di pagi hari dapat membuat Anda lebih bugar sehingga dapat mengurangi kantuk di siang hari. Anda bisa melakukannya dengan jalan pagi di sekitar komplek rumah sebelum beraktivitas atau jalan pagi di sekitar kantor.

3. Selesaikan pekerjaan lebih awal
Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan baik itu pekerjaan rumah atau kantor lebih awal untuk memberi waktu bagi tubuh beristirahat. Buat jadwal kegiatan dengan baik sehingga Anda tetap bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

4. Kunyah permen karet
Jika Anda perlu fokus seperti harus menyetir atau menghadiri rapat, Anda bisa mengurangi kantuk dengan cara mengunyah permen karet. Namun jangan lupa berkumur atau menggosok gigi setelah makan permen karet untuk menghilangkan sisa gula berlebih di dalam mulut.

5. Cuci muka dengan air dingin
Air memiliki efek yang menakjubkan bagi kulit Anda. Mencuci muka dengan air dingin dapat memberikan kelembapan dan kesegaran alami yang dapat mengusir kantuk.