Rambut Terus Menipis? Atasi dengan 4 Cara Ini!

rambut-menipis-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Rambut merupakan salah satu aset berharga bagi setiap orang. Bagaimana tidak, dengan rambut yang sehat dan tertata rapi, seseorang akan terlihat semakin menawan. Begitu pula sebaliknya, seseorang yang memiliki rambut tak sehat serta rontok akan terlihat kurang sempurna. Maka tak heran, jika sebagian besar orang sangat memerdulikan kesehatan rambutnya.

Terutama bagi kaum hawa, rambut adalah hal yang tidak bisa ditawar. Oleh karenanya, jika mengalami sedikit saja masalah rambut, semua wanita pasti akan langsung kebingungan serta cemas dengan penampilannya. Ada satu masalah rambut yang kian menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita, yakni rambut menipis.

Ya, rambut menipis memang sedikit berbeda dengan rontok. Sebab, jika rontok, masih ada kemungkinan rambut akan tetap lebat. Tapi, jika sudah menipis, maka akan sangat susah membuatnya lebat kembali. Hal itulah yang sering ditakuti dan dikhawatirkan oleh sebagian wanita. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab, rambut menipis bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini.

1. Mengganti Sampo

Salah satu penyebab rambut menipis adalah penggunaan sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala serta rambut Anda. Untuk itu, segeralah mengganti sampo agar rambut tidak tambah menipis. Cara mendeteksi rambut Anda tidak cocok dengan salah satu produk sampo cukup mudah. Jika setelah keramas terjadi gatal-gatal disertai rasa panas pada kepala, itu tandanya sampo tersebut tidak cocok dan berpotensi membuat volume rambut berkurang.

2. Kelola Stres

Stres memang sangat tidak baik bagi kesehatan, salah satunya adalah memicu terjadinya penipisan pada rambut. Sebab, stres bisa membuat hormon tidak seimbang sehingga mengganggu reproduksi, akibatnya rambut akan semakin menipis, walau tidak rontok. Untuk itu, kelola stres dengan baik dengan cara merileksasikan diri.

3. Akupuntur

Perlu diketahui sebelumnya, kerontokan pada rambut ternyata bisa dikaitkan dengan aliran darah. Artinya, semakin baik aliran darah seseorang, maka akan semakin lebat pula volume rambutnya. Maka dari itu, banyak praktisi kesehatan yang mengatakan bahwa akupuntur bisa mengatasi masalah penipisan rambut.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk hal yang satu ini memang tidak bisa ditawar lagi. Sebab, bagaimanapun juga cara menjaga kesehatan yang paling baik adalah dari faktor makanan. Jika Anda mengalami penipisan pada rambut, ada baiknya untuk memperbaiki pola makan. Perbanyaklah makan makanan yang kaya akan protein, zat besi, vitamin B12, serta zinc yang bisa merangsang pertumbuhan rambut Anda.