DokterSehat.Com– Semua wanita pasti akan mengalami sebuah siklus bulanan yang dinamakan menstruasi. Siklus tersebut terjadi selama 5-7 hari, hanya satu kali dalam sebulan. Menstruasi ditandai dengan gejala keluarnya darah kotor melalui area kewanitaan. Selain itu, menstruasi juga menimbukan gejala lain yang disebut dengan PMS.

doktersehat-sakit-peut-mens-pms

Bagi sebagian besar wanita, gejala tersebut sangat mengganggu dan menjengkelkan. Pasalnya, tidak hanya sakit perut, pinggul, dang anggota tubuh lainnya yang dirasakan ketika gejala PMS datang, melainkan suasana hati juga akan menjadi tidak stabil, sehingga bisa membuat Anda merasa lebih sensitif dan mudah marah.

Selain itu, akibat dari keluarnya darah kotor saat menstruasi, terkadang akan membuat Anda merasa lesu dan pusing. Hal ini disebabkan karena Anda kehilangan banyak darah. Biasanya, untuk mengatasi rasa pusing akibat kekurangan darah, Anda mengonsumsi vitamin atau obat penambah darah, bukan?

Akan tetapi, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa pusing akibat menstruasi, yakni dengan mengonsumsi buah-buahan. Berikut ini adalah 2 jenis buah yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan rasa pusing ketika sedang menstruasi, diantaranya:

  • Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan serat. Buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, serta kesehatan mata. Buah pepaya banyak digunakan oleh pelaku diet karena bisa membantu melancarkan pencernaan, serta membuat perut terasa lebih kenyang karena kaya akan serat. Buah pepaya ternyata juga bisa mengatasi rasa pusing akibat kekurangan darah saat menstruasi. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung antioksidan, vitamin C, dan folat yang mampu membantu mengurangi rasa pusing karena kekurangan darah saat menstruasi serta mengobati demam berdarah. Untuk itu, perbanyak konsumsi buah pepaya selama masa menstruasi berlangsung.

  • Buah Kiwi

Selain pepaya, buah kiwi juga bisa membantu Anda mengatasi rasa pusing ketika sedang menstruasi. Sebab, buah kiwi mengandung nutrisi kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potassium. Tidak hanya itu saja, buah kiwi juga kaya akan serat dan memiliki banyak antioksidan yang mampu menangkal berbagai penyakit. mengonsumsi buah kiwi saat menstruasi merupakan pilihan yang tepat karena buah tersebut dapat meningkatkan jumlah trombosit, sehingga bisa mengurangi rasa pusing akibat kekurangan darah.