Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Plak gigi merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi kebanyakan orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga akan mempengaruhi kesehatan gigi dan rongga mulut. Seperti yang dilansir dari Carefree Dental, ada beberapa cara alami untuk mengatasi plak gigi:

Mengatasi Plak Gigi dengan Cara Alami

1. Rajin Menggosok Gigi

Sebelum mengatasi plak gigi, jauh lebih baik jika Anda mencegahnya. Cara paling ampuh untuk mencegah karang gigi adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Gosok gigi setidaknya setengah jam setelah makan, dapat secara signifikan mencegah karang dan plak gigi hadir.

Gosok gigi setidaknya tiga menit. Gosok di seluruh bagian gigi, gosok dengan perlahan dan berkekuatan, meski jangan terlalu kencang.

2. Pilih Pasta Gigi Berfluorida

Fluoride merupakan zat yang dapat memperkuat enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan dari sisa makanan dan minuman penyebab hadirnya plak atau karang gigi. Fluoride juga membantu gigi yang busuk ber-regenerasi. Sudah tepatkah pasta gigi Anda?!

3. Gunakan Baking Soda

Baking soda bersifat abrasive yang dapat mengikir hal-hal buruk dari permukaan enamel serta dapat melapisi permukaan gigi. Untuk dapat merasakan manfaatnya, campurkan baking soda dengan garam.

Lalu, basahi sikat gigi Anda dan tempelkan pada baking soda tersebut, gosok seperti biasa, kumur lalu ulangi dan rutinkan. Cara alami mengatasi plak gigi dengan baking soda ini bisa dipraktikkan.

4. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya, masih menurut Carefree Dental dapat membantu menjaga gigi bebas dari plak. Anda bisa mencampurkan air dan baking soda serta gel lidah buaya, tambahkan perasan lemon. Setelahnya, gunakan larutan tersebut untuk menggosok gigi. Maka lihat perubahannya.

5. Gunakan Kulit Jeruk

Sepertinya ini merupakan salah satu tips paling sederhana. Untuk mengatasi plak pada gigi, Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk ke permukaan gigi. Kulit jeruk dapat melawan mikroorganisme penyebab plak gigi. Anda cukup menggosokkan kulit jeruk dan plak pun perlahan akan berkurang.

Cara alami mengatasi plak gigi pada 5 point di atas, semoga bisa Anda lakukan di rumah. Semua demi penampilan yang baik dan kesehatan yang juga tidak kalah pentingnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi