Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Arus balik mudik sudah mulai terasa. Banyak orang yang telah menghabiskan masa libur lebarannya dan bersiap untuk kembali ke kota rantau. Tentunya hal tersebut membuat jalanan menjadi padat merayap. Biasanya, saat arus balik, banyak yang mengeluh akibat rasa lelah yang sangat kerasa. Sebab, mereka beranggapan bahwa kembali ke kota rantau lebih lelah, daripada perjalanan mudik ke kampung halaman, walau jarak tempuhnya sama.

4 Cara Mengatasi Gejala Masuk Angin saat Perjalanan Jauh

Hal tersebut tentunya bisa membuat kelelahan, serta masalah kesehatan lainnya dalam perjalanan, salah satunya adalah masuk angin. Terkadang, akibat dari masuk angin tersebut, seseorang bisa mengalami mabuk kendaraan yang bisa membuat kepala terasa pusing, mual, dan muntah.

Tentu saja kondisi tersebut bisa mengganggu perjalanan, bukan? Untuk itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin selama di perjalanan mudik ke kampung halaman.

1. Beristirahat

Masuk angin bisa disebabkan oleh tubuh yang terasa lelah secara berlebihan. Jika Anda mengalami masuk angin saat dalam perjalanan, maka sebaiknya Anda menghentikan laju kendaraan Anda dan mencoba untuk mencari rest area untuk beristirahat sejenak. Istirahat berfungsi untuk mengembalikan stamina dan energi Anda yang telah terkuras. Dengan demikian, tubuh Anda akan kembali fit dan gejala masuk angin bisa berkurang.

2. Pijat

Pijat bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk meredakan masuk angin. Tidak ada salahnya pada saat Anda mengalami masuk angin dalam perjalanan, cobalah untuk memijat tubuh Anda. Pijat berfungsi untuk melancarkan sirkulasi, sehingga peredaran darah menjadi lebih baik. Sehingga bisa menghilangkan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan akibat masuk angin.

3. Gunakan Jaket

Seperti yang Anda tahu bahwa masuk angin juga bisa disebabkan oleh udara yang terlalu dingin, terutama ketika Anda sedang dalam perjalanan menggunakan mobil ber-AC. Jangan lupa untuk tetap menggunakan jaket agar tubuh Anda terasa hangat, sehingga bisa memperingan gejala masuk angin.

4. Minum Obat tau Vitamin

Jika gejala masuk angin yang Anda rasakan semakin parah, tidak ada salahnya untuk segera minum obat atau vitamin. Anda bisa minum obat seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat. Jenis obat-obatan tersebut bisa meredakan gejala masuk angin. Atau jika Anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh, Anda juga bisa minum vitamin, seperti vitamin B atau vitamin C.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi