Mengatasi Masalah Hidung Berminyak

hidung-berminyak-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki kulit yang bercahaya memang dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih flawless dan menarik. Sayangnya, hak tersebut kerap kali digagalkan oleh kulit area hidung yang terlalu berminyak. Kondisi ini pun kerap membuat Anda kurang percaya diri. Maka dari itu, tidak ada salahnya menjajal beberapa tips berikut yang dapat mengatasi masalah kulit berminyak pada hidung dengan mudah.

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Dilansir dari laman Listaka, salah satu cara untuk mengontrol produksi minyak berlebihan pad ahidung adalah dengan menjaga kulit tetap bersih. Anda dapat mencuci wajah sebanyak tiga kali menggunakan sabun pencuci yang mengandung formula bahan tertentu. Terutama formula bahan yang ampuh mengontrol dan menyerap minyak berlebih. Kendati demikian, pilihan sabun yang berbahan baku air agar kulit hidung terbebas dari minyak berlebih.

2. Air Perasan Lemon

Bahan alami satu ini sudah sejak lama dikenal ampuh dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Apalagi air perasan lemon mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Dilansir dari Listaka, air perasan lemon juga berperan sebagai astringent yang ampuh mengecilkan ukuran pori-pori kulit sekaligus mengontrol produksi sebum. Tidak heran jika mengusapkan air perasan lemon pada area hidung secara rutin menjadikan wajah bebas kilap.

3. Cuka Apel

Selain air perasan lemon, Anda juga dapat menggunakan cuka apel. Bahan alami satu ini merupakan salah satu bahan yang ampuh menyerap kelebihan sebum. Tidak hanya itu saja, mengaplikasikan cuka apel pada kulit juga dapat membantu mengangkat kotoran atau pun komedo yang terjebak di pori-pori kulit. Jadi, jangan kaget jika kulit hidung akan tampak lebih bersih dan lebih lembut.

Beberapa cara di atas dapat dilakukan secara rutin untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada area hidung. Kendati demikian, Anda juga dapat menggunakan produk khusus seperti kertas yang ampuh menyerap minyak atau pun facial spray yang dapat dibawa ke mana-mana. Selain itu, jangan lupa untuk menjalani gaya hidup yang sehat agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya.