Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian besar orang mungkin pernah mengalami mabuk kendaraan karena melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh. Terlebih di musim arus balik mudik seperti ini. Sebab, jalanan yang padat merayap biasanya akan memperparah kondisi tubuh sehingga mabuk pun semakin terasa.

4 Tips Mengatasi Mabuk Setelah Perjalanan Jauh

Biasanya, untuk mengatasi mabuk banyak yang memilih obat anti mabuk atau dengan minum kopi karena menganggap bahwa kandungan yang terdapat di dalam kopi bisa meringankan mabuk. Padahal, minum kopi saat mabuk tidaklah baik untuk kesehatan. Sebaiknya Anda harus menghindarinya karena kopi akan mengeringkan tubuh Anda.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi mabuk dengan benar tanpa harus mengganggu kesehatan? berikut adalah 4 tips mengatasi mabuk yang bisa Anda coba.

1. Tidur

Ketika Anda sedang mabuk, cobalah untuk tidur. Sebab, tidur merupakan cara terbaik untuk meringankan mabuk. Dengan tidur, tubuh Anda bisa memulihkan diri secara alami. Kemudian setelah Anda terbangun dari tidur, maka masalah mabuk yang Anda rasakan akan berkurang, sehingga tubuh Anda akan fit kembali.

2. Mengonsumsi Air

Air putih merupakan cairan yang paling bagus untuk dikonsumsi ketika sedang mabuk. Hal ini dikarenakan air putih bisa membuat tubuh Anda terdehidrasi kembali dan memulihkan kondisi diri yang sedang mabuk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus atau minuman isotonik yang biasa digunakan selama olahraga. Hal tersebut bisa membantu menyembuhkan mabuk lebih cepat dibanding air putih.

3. Mengonsumsi Vitamin

Ketika mabuk, Anda akan kehilangan vitamin yang sangat pengting untuk tubuh. Oleh sebab itu, segera gantikan vitamin yang hilang tersebut dengan mengonsumsi multivitamin saat bangun tidur. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu Anda untuk pulih dari rasa mabuk yang melemahkan tubuh Anda.

4. Olahraga

Tips yang terakhir adalah olahraga. Olahraga memang sangat abik untuk kesehatan tubuh, serta menjadikan tubuh agar selalu bugar dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit. Saat Anda mabuk, atasi dengan berolahraga.

Olahraga bisa membangkitkan kembali pikiran dan tubuh Anda, dan juga bisa melancarkan pemompaan darah. Sehingga, bisa mendorong racun untuk segera keluar dari tubuh dan memulihkan tubuh dengan cepat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi