Mengobati Lidah Terbakar Karena Makanan Panas

Doktersehat-ciri-ciri-kanker-lidah

DokterSehat.Com– Makanan atau minuman yang panas memang terasa jauh lebih nikmat dibandingkan dengan yang bersuhu lebih dingin. Sayangnya, jika kita sembarangan saat memasukannya ke dalam mulut, bisa jadi lidah kita bisa terbakar sehingga menyebabkan sensasi tidak enak dan kebas. Jika sampai hal ini terjadi, maka kita tentu tidak bisa lagi menikmati makanan atau minuman yang sedang kita konsumsi, bukan?

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mengonsumsi air dingin untuk mengatasinya. Dengan melakukannya, maka lidah akan kembali dalam kondisi normal. Jika perlu, kita juga bisa mengonsumsi es atau meletakkan es batu ke bagian lidah yang terbakar.

Selain air dingin atau air es, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk berkumur dengan air garam. Kita hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Cobalah untuk berkumur-kumur dengan air garam ini selama 30 detik dan ulangi beberapa kali hingga lidah kembali terasa normal kembali.

Kita juga bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah lidah terbakar. Sebagai informasi, madu termasuk dalam bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Oleskan saja madu pada bagian lidah yang terbakar sekitar 2 hingga 3 kali dalam sehari. Dengan melakukannya, maka luka bakar pada lidah bisa segera dihilangkan.

Bahan alami lain yang juga bisa kita gunakan untuk mengatasi lidah terbakar adalah yoghurt. Kita hanya perlu mengambil setengah sendok makan yoghurt dingin. Kulumlah yoghurt ini selama sekitar 2 menit di dalam mulut. Setelahnya, kita telan yoghurt hingga habis. Sensasi dingin dan kandungan di dalam yoghurt bisa mengatasi iritasi yang terjadi pada lidah yang terbakar.

Kita juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi lidah terbakar. Segera kupas lidah buaya dan ambil bagian jelinya. Oleskan langsung pada lidah yang terbakar. Kandungan di dalam lidah buaya akan mampu menurunkan peradangan dengan efektif sehingga mengatasi lidah terbakar dengan efektif.

Jika cara-cara ini masih belum cukup untuk mengatasi masalah lidah terbakar. Ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang tepat.