Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masa kehamilan tentunya masa yang membahagiakan bagi para wanita. Namun kadang perempuan mengalami gangguan saat kehamilan, seperti salah satunya adalah rambut rontok yang berlebih. Kerontokan rambut saat hamil adalah fenomena yang wajar terjadi. Tak perlu khawatir, rambut menipis dan rontok hanya akan berlangsung sementara dan rambut Anda akan tumbuh kembali.

Mengatasi Kerontokan Rambut Saat Hamil

Sebenarnya wanita lebih sering mengalami rambut rontok setelah melahirkan dibandingkan dengan rontok saat hamil. Pada saat hamil sebagian besar wanita justru merasakan rambutnya lebih tebal dan mengembang. Hal ini terjadi karena perubahan hormon estrogen selama kehamilan.

Saat hamil, meningkatnya hormon estrogen dapat merangsang pertumbuhan rambut. Sebaliknya, setelah melahirkan, saat hormon estrogen mulai berkurang, rambut akan mulai rontok. Seiring dengan regenerasi folikel rambut, rambut akan kembali tumbuh pada usia bayi 3-4 bulan. Selain karena perubahan hormon, kekurangan mineral seperti zat besi saat hamil juga dapat berdampak buruk bagi rambut Anda.

Untuk mengurangi rambut rontok, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang lembut dan tidak memicu iritasi. Pilih sampo dan kondisioner yang mengandung silika dan biotin untuk memperkuat rambut. Setelah keramas, hindari menyisir rambut saat basah dan menggunakan sisir rapat. Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu baru menyisirnya dengan rapi.

Sering mengikat rambut ke belakang menjadi cepol atau ekor kuda juga berisiko menyebabkan rambut menjadi lebih mudah patah. Sering-seringlah mengurai rambut untuk memberi kesempatan rambut bergerak bebas.

Saat rambut rontok, sebaiknya hindari menggunakan pelurus rambut, penggunaan bahan pewarna kimia, pengeriting rambut dan produk kecantikan rambut lainnya. Jika Anda mengalami kerontokan parah, sebaiknya keringkan rambut dengan pengering rambut bersuhu dingin.

Selain melakukan perawatan rambut, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan Anda menjalani pola makan seimbang agar folikel rambut tetap sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi