9 Cara Menghilangkan Merah di Wajah (Medis dan Alami)

cara-menghilangkan-merah-di-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Wajah kemerahan bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari gaya hidup, penyakit kulit kronis, hingga penggunaan produk perawatan kulit. Wajah merah bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Lantas, bagaimana cara menghilangkan merah di wajah? Simak cara mengatasi muka merah selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Merah di Wajah

Seperti dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya merah di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, sehingga langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum melakukan perawatan rumahan adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

Sementara itu, penyebab umum merah di wajah meliputi paparan sinar matahari, dermatitis kontak, kulit kering, rosacea, hingga eksim. Berikut  ini adalah cara mengatasi wajah yang memerah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Air Dingin

Cara menghilangkan merah di wajah yang paling mudah adalah dengan membilas muka dengan air dingin. Meski cara menghilangkan muka merah di wajah ini sangat sederhana, ternyata cara ini adalah yang paling efektif untuk mengatasi muka merah.

Mandi air dingin atau menggunakan kompres dingin yang diberikan langsung pada wajah akan segera meringankan kulit sensitif dan ini dapat mengurangi kemerahan.

2. Obat Oral dan Salep

Cara menghilangkan kemerahan di wajah berikutnya juga bisa dilakukan dengan penggunaan obat oral atau salep. Pada kasus merah di wajah yang menimbulkan rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi acetaminophen, ibuprofen atau aspirin.

Selain obat oral, salep resep topikal juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi muka merah. Bahkan, perawatan laser juga bisa menjadi pilihan perawatan yang sangat baik untuk kemerahan pada wajah.

Sedangkan, kemerahan yang disebabkan rosacea diperlakukan berbeda dari kemerahan yang disebabkan oleh kondisi lain. Cara menghilangkan merah di wajah ini bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan toner dan produk exfoliant lainnya.

Orang-orang dengan rosacea perlu mencari tahu apa yang memicu gejala-gejala sehingga mereka dapat mengurangi frekuensi kambuhnya. Pemicu umum termasuk makanan pedas, minuman beralkohol, dan paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Oleh karena itu, seseorang dengan rosacea harus menggunakan tabir surya SPF tinggi serta menggunakan pakaian atau barang-barang tertentu yang melindungi wajah dari sinar matahari.

3. Lidah Buaya

Kemerahan pada wajah biasanya merupakan tanda peradangan atau iritasi, seperti pada kasus rosacea atau jerawat yang meradang. Bagi sebagian orang, mengoleskan krim, salep, atau gel lidah buaya secara rutin ke wajah adalah cara menghilangkan merah di wajah yang ampuh.

Komponen aktif dalam lidah buaya mempercepat proses penyembuhan dengan menenangkan kulit, mengurangi rasa sakit dan merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit. Jika Anda sulit untuk mendapatkan lidah buaya dari tanamannya langsung, carilah produk perawatan yang mengandung Aloe Barbadensis.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan merah di wajah. Minyak kelapa dapat membantu mengurangi kulit merah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berkat sifat antioksidannya.

Minyak kelapa adalah formulasi terbaik untuk kulit terbakar dan banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional, namun mekanisme kerjanya seperti apa belum ada penelitian yang pasti.

5. Mentimun

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang memvalidasi efek mentimun pada kemerahan wajah, akan tetapi mentimun sudah sejak lama digunakan sebagai cara menghilangkan merah di wajah. Guna mendapatkan hasil terbaik dari mentimun, sebelum menggunakannya pada wajah, Anda bisa menaruhnya terlebih dahulu di kulkas hingga dingin.

6. Menghindari Asupan yang Memicu Muka Merah

Cara menghilangkan merah di wajah yang sering kali terlewatkan adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu peradangan. Hindari makanan dan minuman seperti alkohol, makanan pedas, dan minuman yang bersuhu panas.

Namun jika Anda sudah terlanjur mengonsumsi makanan atau minuman tersebut, sebaiknya konsumsi makanan pendingin seperti apel, mentimun, persik, papaya, kelapa, seledri dan bayam

7. Masker Colloidal Oatmeal

Cara menghilangkan merah di wajah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan colloidal oatmeal. Meski oatmeal lebih dikenal sebagai asupan yang baik untuk penderita kolesterol, nyatanya bahan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kemerahan pada wajah. Colloidal oatmeal memiliki memiliki efek pelembap pada kulit sekaligus menyerap minyak di wajah.

Menurut penelitian, colloidal oatmeal terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan menyejukan, sehingga memiliki potensi iritasi dan alergi yang sangat rendah.

8. Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki sifat antibakteri. Hal itu menjadikan madu sebagai cara menghilangkan merah di wajah yang disebabkan oleh rosacea dan dermatitis seboroik. Madu juga memiliki kemampuan untuk menjaga kulit tetap lembap.

9. Teh

Sebagian besar orang tidak menyangka bahwa teh dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan merah di wajah. Beberapa jenis teh yang bisa digunakan adalah green tea, peppermint tea, dan chamomile tea.

Menurut penelitian, polifenol dalam green tea memiliki sifat peremajaan sel kulit, terutama seseorang yang menderita rosacea. Chamomile dan peppermint tea dapat memberi manfaat pada semua jenis kemerahan pada wajah. Jika Anda memiliki alergi terhadap ragweed, hindari untuk mengonsumsi chamomile tea.

Cara penggunaannya, rebuslah beberapa kantong teh di dalam panci yang berisi air mendidih selama 10 menit. Setelah itu dinginkan di kulkas kemudian tuangkan secukupnya ke waslap. Waslap yang basah karena rebusan teh bisa langsung diletakan di wajah sambil dilakukan penekanan-penekanan lembut selama 1 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari.

Nah, itulah cara menghilangkan merah di wajah yang bisa Anda coba. Akan tetapi jika beberapa cara mengatasi muka merah di atas sudah dilakukan namun kemerahan di wajah masih terjadi, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Watson, Kathryn. 2019. 11 Causes of Redness Around the Nose and What to Do About It. https://www.healthline.com/health/skin/redness-around-nose#perioral-dermatitis. (Diakses pada 27 September 2019).
  2. How to Reduce Redness on Your Face. https://www.dermstore.com/blog/how-to-reduce-redness-on-face/. (Diakses pada 27 September 2019).
  3. Rodriguez, Diana. 2010. Home Remedies for Red Skin. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/home-remedies-for-red-skin.aspx. (Diakses pada 27 September 2019).
  4. Balfour, Antonia, LAc. 5 All-Natural Tips To Get Rid Of Facial Redness. https://www.mindbodygreen.com/0-12789/5-allnatural-tips-to-get-rid-of-facial-redness.html. (Diakses pada 27 September 2019).