Terbit: 3 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seks memang menyenangkan dan disukai oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang menikmati seks dengan maksimal. Karena memiliki kondisi tertentu, mereka jadi takut melakukan seks. Bahkan, aktivitas ini seperti sesuatu yang mengerikan sehingga mereka selalu menghindarinya.

5 Cara Mengatasi Kecemasan Saat Bercinta yang Mengganggu

Seks bisa memicu kecemasan yang cukup berlebihan. Kecemasan ini menyebabkan mereka susah menikmati pergumulan dengan sempurna. Begitu seks akan dilakukan, pasangan jadi tidak nyaman, bahkan libidonya bisa langsung hilang begitu saja. Kalau Anda merasa memiliki kondisi tersebut, coba atasi kecemasannya dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Melakukan komunikasi yang intens dengan pasangan

Lakukan komunikasi yang intens dengan pasangan sebelum melakukan seks. Komunikasi ini dilakukan untuk membagi ketakutan yang dimiliki. Terkadang rasa takut jadi berlebihan karena tidak ada tempat untuk berbagi. Mau bercerita pun takut atau malu dengan pasangan karena seks bisa terganggu.

Karena Anda dan pasangan susah menikah, tidak ada salahnya untuk melakukan komunikasi yang intens termasuk masalah seks. Katakan pada pasangan tentang ketakutan apa saja yang terjadi. Misal pada pria ada ketakutan tidak bisa mendapatkan ereksi dengan sempurna. Sementara itu pada wanita takut vagina kering dan seks jadi menyakitkan.

  1. Mengetahui penyebab rasa takut

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut untuk bercinta adalah mengetahui dengan jelas apa penyebab rasa cemasnya. Tidak mungkin Anda mendadak takut untuk bercinta tanpa ada pemicunya. Pada pria, ada beberapa pemicu yang menyebabkan kaum adam takut dengan seks. Pemicu itu terdiri dari kemampuan ereksi, ejakulasi dini, kesehatan penis, dan body image.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Sementara itu pada wanita, ada beberapa hal yang sering menyebabkan mereka mengalami beberapa masalah seks. Pertama masalah kesehatan reproduksi, kesehatan seksual, ketakutan karena trauma di masa lalu, dan kondisi psikologi yang buruk akibat perlakuan dari pasangan.

  1. Mengasi masalah yang memicu kondisi cemas berlebih

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda harus bisa mengatasi penyebabnya. Pria yang memiliki masalah ereksi bisa memperbaiki pola makannya dan berolahraga jika tubuhnya obesitas. Sementara itu pada pria yang alami diabetes, mungkin menjaga gula darah di dalam tubuh bisa dilakukan dengan benar.

Wanita yang mengalami rasa sakit saat seks bisa menggunakan pelumas tambahan agar lebih licin. Selanjutnya, cari tahu rasa sakitnya muncul karena apa. Apakah karena vagina yang terlalu kering atau karena ada hal lain seperti kondisi endometriosis atau adanya infeksi saluran kemih.

  1. Memperbaiki gaya hidup

Setelah mengetahui penyebab rasa takut untuk bercinta, pasangan bisa sama-sama mengubah gaya hidupnya. Perubahan ini bisa dimulai dari pola makan setiap harinya, olahraga yang rutin, dan tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Tubuh harus dibuat lebih sehat sehingga seks masalah tidak perlu bisa diatasi.

Gaya hidup yang sehat juga bisa dibarengi dengan melakukan pelesir dengan pasangan. Sesekali menikmati waktu berdua bukanlah hal yang salah. Kalau kedekatan Anda dan pasangan bisa membaik, berbagai masalah seks yang muncul bisa diatasi dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Melakukan terapi seksual

Kalau beberapa cara di atas tidak terlalu membantu banyak, jalan terakhir yang harus dilakukan oleh pasangan adalah melakukan terapi seks. Anda dan pasangan bisa mendatangi terapis untuk mengatasi permasalahan seks yang kadang rumit meski pemicunya sederhana.

Mintalah saran pada terapis agar seks yang dilakukan tidak membuat Anda jadi takut. Bahkan seks akan menjadi lebih menyenangkan dan ditunggu setiap sesinya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semuanya. Mari mengubah gaya hidup dan memperbaiki komunikasi agar seks berjalan lancar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi