Terbit: 20 April 2019 | Diperbarui: 22 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kapalan adalah hal yang sangat lumrah terjadi pada kaki dan tangan. Di bagian-bagian tubuh seperti lipatan dan persendian, kapalan akan sering muncul dan menyebabkan kulit jadi sangat mengeras. Kondisi ini memang sangat langka membahayakan tubuh. Namun, pada beberapa orang, kapalan sangat mengganggu khususnya mereka yang dituntut tampil dengan sempurna.

6 Cara Mengatasi dan Mencegah Kapalan (Alami dan Efektif)

Cara mengatasi kapalan yang alami

Kapalan yang terjadi di beberapa anggota tubuh mungkin dianggap sepele banyak orang karena tidak memengaruhi banyak hal secara signifikan. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan masalah pada mereka yang butuh penampilan prima. Oleh karena itu kapalan harus diatasi baik dengan bantuan medis atau secara alami dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Menggunakan garam epsom

Garam epsom akan membuat kulit menjadi lebih lembut khususnya di bagian yang mengalami kapalan. Anda bisa menggunakan beberapa genggam garam epsom ke dalam air yang hangat. Selanjutnya campur hingga merata dan gunakan untuk merendam kaki atau tangan yang mengalami kapalan.

Perendaman dilakukan untuk membuat kulit jadi lembut dan siap untuk penanganan selanjutnya. Biasanya setelah bagian kutil mudah terlepas, penggosokan atau metode pengelupasan lainnya bisa dilakukan. Simak metode pengelupasan atau pengikisannya pada pembahasan selanjutnya.

  1. Menggosok dengan batu gombong

Beberapa orang sering sekali menggunakan batu gombong atau baru berpori untuk mengatasi masalah kapalan. Kalau kapalan terjadi di kaki, mereka akan membuat area itu menjadi lebih lembut seperti dengan direndam dalam garam epsom. Setelah lembut baru digosok dengan batu secara perlahan-lahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Selalu ingat untuk tidak melakukan penggosokan terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Kalau sudah terlihat bagian kapalan hilang bisa dihentikan dan dikeringkan. Jangan terus menggosok karena bisa berbahaya untuk kaki atau tangan.

  1. Alat penggosok kaki

Selain menggunakan alat gosok berupa batu, beberapa produk serupa juga dibuat untuk memudahkan siapa saja dalam melakukan perawatan kaki dan tangan. Produk ini bisa digunakan dengan mudah setelah kaki dan tangan direndam air agar lebih lembut permukaannya. Jangan asal digosok saja karena akan sangat berbahaya.

  1. Krim pengelupasan kulit

Krim untuk mengelupas kulit ada banyak di luaran sana. Krim ini bisa bermanfaat untuk mengatasi kapalan yang sangat mengganggu. Karena krim pengelupasan kulit ini termasuk produk yang sangat keras, ada baiknya hati-hati saat mengaplikasikannya pada kulit. Jangan sampai kulit yang sehat justru ikut mengelupas dengan sendirinya.

  1. Pasta soda kue

Alternatif krim pengelupasan kapalan yang bisa Anda buat sendiri adalah soda kue. Dengan menggunakan soda kue, Anda bisa membuat area yang keras akibat kapalan menjadi lebih lembut dan mengelupas dengan sendirinya. Campur aduk sendok makan soda kue dan beberapa sendok perasan jeruk nipis, aduk rata dan langsung aplikasikan ke kulit. Gunakan saat malam hari dan bilas pada pagi hari.

  1. Krim pelembut kulit

Kalau Anda tidak ingin melakukan metode penanganan yang agak kasar seperti beberapa cara yang disebutkan sebelumnya, coba gunakan krim yang bermanfaat untuk melembut kulit khususnya yang ada di area kapalan. Krim ini ada banyak di pasaran atau kalau bisa mendapatkannya gunakan minyak ter atau petroleum jelly.

Setelah mengoleskan krim itu ke bagian tubuh yang mengalami kapalan, Anda bisa menggunakan kaus kaki atau sarung tangan. Dengan melakukan itu, kelembaban kulit tidak akan hilang. Setelah pemakaian beberapa kali, kulit akan terasa lebih lembut dari sebelumnya dan kapalan yang berasal dari kulit kering akan hilang.

Cara mencegah kapalan di tangan

Kapalan terjadi karena ada banyak tekanan atau gesekan di kulit. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui apa saja penyebabnya. Dengan begitu pengobatan bisa dilakukan dengan lebih lancar dan tidak muncul kapalan lagi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kapalan terdiri dari:

  • Membersihkan kaki dan tangan dengan benar dan teratur setiap harinya. Gunakan sabun agar kotoran yang menempel bisa segera dihilangkan. Lebih lanjut, lap hingga kering area yang sudah dibersihkan dan aplikasikan krim untuk melembapkannya.
  • Gunakan sepatu yang benar-benar pas dan tidak terlalu kekecilan. Pada wanita, sepatu yang terlalu kekecilan dan hak yang dimiliki tinggi bisa meningkatkan gesekan yang terjadi dan kapalan yang dihindari justru muncul.
  • Menggunakan bantalan lembut di dalam sepatu bisa menghindari gesekan antara kulit dengan bahan sepatu yang digunakan.
  • Kapalan yang terjadi di tangan bisa dicegah dengan cara menggunakan sarung tangan yang benar. Kapalan di tangan bisa muncul karena Anda melakukan pekerjaan yang susah di kebun, mengangkat benda berat, hingga melakukan angkat beban di tempat fitness.
  • Kapalan juga bisa terjadi di tangan para atlet karena latihan. Pencegahan mungkin hanya bisa dilakukan dengan melakukan perawatan pasca latihan.

Kapan harus berobat ke dokter?

Sebenarnya kapalan tidak akan berdampak besar pada tubuh. Pengobatan alami seperti yang dilakukan di atas juga tidak akan menyebabkan masalah. Namun, ada beberapa hal yang harus dihindari khususnya mereka yang mengalami diabetes dan memiliki gangguan peripheral neuropathy.

Kalau penanganan kapalan dilakukan kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan kulit dan juga saraf. Seseorang dengan kondisi diabetes parah dan gula darah susah sekali dikontrol, kemungkinan besar mengalami gangguan penyembuhan luka. Kalau saat mengatasi kapalan tubuh muncul luka, bisa saja lukanya membesar dan memicu kondisi lebih parah lainnya.

Nah, inilah beberapa ulasan tentang kapalan yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk Anda. Nah, dari beberapa cara mengatasi kapalan di atas, adakah yang pernah Anda lakukan sebelumnya? Lalu apa saja yang Anda lakukan agar kulit kembali mulus dan tidak menebal serta kasar dengan sendirinya? Semoga ulasan di atas membantu Anda dalam mengatasi kapalan, ya.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi