Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Apa yang akan terjadi pada tubuh jika di tengah perjalanan mendadak muncul kantuk yang tidak tertahankan? Kalau Anda adalah penumpang mungkin bisa tidur dengan mudah. Namun, kalau Anda yang mengendalikan kendaraan, tidur adalah hal yang sangat dilarang karena bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.

Tips Mengatasi Kantuk Berlebihan Saat Berkendara

Kalau Anda sudah merasa tidak tahan dengan kantuk, jangan paksakan diri. Kalau Anda memaksakan diri agar sampai tujuan dengan cepat, hal-hal buruk justru terjadi dan bisa menimpa diri Anda dan keluarga yang ikut dalam perjalanan.

Nah, supaya Anda tidak mudah mengantuk selama perjalanan khususnya saat mudik tahun ini, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini.

  1. Beristirahatlah sejenak

Aturan pertama kalau mau melakukan perjalanan jauh dengan tidak ada sopir pengganti, berhentilah kalau sedang capai. Carilah rest area terdekat atau kalau tidak ada parkir saja di pinggir jalan atau di depan mini market.

Saat berganti, beristirahatlah sejenak dengan tidur selama 15-30 menit. Dengan melakukan tidur, Anda tidak akan merasa mengantuk lagi dan bisa melanjutkan perjalanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Kalau Anda memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan, tubuh tidak akan kuat menahan kantuk yang menumpuk. Pada kondisi tertentu, tubuh akan mengalami micro sleeping selama beberapa detik dan tubuh Anda akan tidak sadarkan diri.

Kalau micro sleeping sampai terjadi, kejadian tidak diinginkan seperti tabrakan bisa saja terjadi. Jadi, jangan memaksakan diri.

  1. Mengonsumsi kopi

Kalau Anda sedang puasa mungkin kopi tidak begitu dilanjutkan karena bisa menyebabkan dehidrasi. Namun, kalau dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, kopi tidak akan menyebabkan itu sehingga Anda bisa lebih terjaga dan tenaga terus muncul untuk melakukan perjalanan.

Kalau Anda ingin selalu melek saat berkendara, konsumsi kopi dengan jumlah yang cukup. Jangan minum terlalu banyak karena bisa menyebabkan pusing, sakit perut, dan dehidrasi yang menyebabkan Anda menjadi sakit.

  1. Berolahraga ringan

Saat Anda berhenti di rest area, tidurlah sejenak selama beberapa menit. Selanjutnya kalau sudah bangun bisa melakukan olahraga ringan agar tubuh semakin terjaga dan energi yang awalnya hilang bisa muncul kembali.

Rasa kantuk dan lemas yang kerap muncul biasanya terjadi karena tubuh terlalu pasif. Selain itu tubuh juga kekurangan oksigen sehingga pembuluh darah tidak bisa mengedarkannya dengan maksimal ke seluruh organ tubuh.

  1. Mengobrol dengan asyik

Yang menyebabkan seseorang jadi mengantuk bukan hanya masalah capai secara fisik saja. Lebih dari itu kebosanan yang akut juga menyebabkan seseorang jadi mengantuk. Apalagi kalau menyetirnya cukup lama dan perjalanan yang dilalui sangat jauh.

Nah, agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar, mengobrollah dengan orang yang ada di samping Anda atau yang ada di belakang. Cari topik-topik menarik agar bisa menikmati perjalanan dengan menyenangkan dan terhindar dari rasa kantuk berlebihan.

  1. Makan sehat dan minum yang banyak

Kalau sedang puasa Anda bisa minum air sebanyak 3 gelas saat sahur dan makan makanan yang bergizi. Jangan terlalu banyak nasi putih karena bisa menyebabkan Anda merasakan kantuk yang berlebih. Selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan camilan sehat agar energi terjaga selama perjalanan.

Kalau tubuh sampai terlalu lapar atau haus, rasa lemas akan segera muncul. Dampaknya, Anda akan mudah sekali mengalami kantuk yang bisa mengganggu perjalanan mudik atau perjalanan pelesir yang Anda lakukan bersama dengan keluarga.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan perjalanan yang akan dilakukan berjalan dengan lancar dan aman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi