Cara Mengatasi Jerawat dengan Kulit Pisang

kulit-pisang-untuk-jerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Jerawat memang masalah yang gampang-gampang susah untuk diatasi. Namun jika dibiarkan, maka keberadaannya akan sangat mengganggu penampilan. Berbagai macam perawatan modern sudah bermunculan, namun tetap saja jerawat datang dan menghantui banyak orang.

Nyatanya, ada banyak bahan di sekitar kita yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Salah satu yang cukup ampuh mengatasi masalah ini adalah kulit pisang. Bagaimana cara memanfaatkn kulit buah pisang untuk menghilangkan jerawat? Berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda tempuh:

1. Memilih Pisang

Anda tidak bisa menggunakan sembarang pisang. Pilih yang tidak terlalu muda, namun juga tidak terlalu tua. Pilih bagian kulit pisang yang berwarna kuning kecoklatan.

2. Menggosokkan Pisang

Gosokkan kulit pisang dengan lembut ke wajah, terutama bagian yang berjerawat. Lakukan terus hingga warna kulit pisang menjadi kehitaman. Jika sudah hitam, ganti dengan kulit yang baru.

3. Mendiamkan Wajah

Jika proses menggosok selesai, maka selanjutnya diamkan wajah selama 10 menit. Jika dirasa sudah cukup, bilas hingga bersih dengan air hangat. Keringkan dengan handuk, dan jangan lupa berikan toner atau pelembab setelahnya agar kulit tidak kering.

4. Bahan Tambahan

Untuk kulit yang jerawatnya parah, maka Anda mungkin perlu bahan lain untuk ditambahkan, misalnya madu. Untuk kasus ini, kulit pisang harus dihancurkan dan dicampurkan dengan madu untuk digunakan sebagai masker.

Cara menghilangkan jerawat dengan kulit pisang ternyata sangat mudah dan murah. Tak hanya menghilangkan jerawat dan bekasnya, bahan ini juga bisa mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit. Pasalnya, kulit pisang juga memiliki zat anti bakteri yang membunuh kuman. Daripada dibuang, mulai sekarang gunakan kulit pisang untuk perawatan kulitmu!