3 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Jamur pada Kuku

doktersehat-kaki-nyeri-jari-jamur-kuku-1024

DokterSehat.Com– Walaupun bentuknya yang sangat kecil dan seringkali disepelekan, nyatanya kuku merupakan salah satu bagian terpenting dari anggota tubuh lainnya karena dapat mendeteksi adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Selain itu, kuku juga ikut andil dalam penampilan, khususnya bagi kaum hawa. Sebab, jika kuku dalam kondisi tidak sehat dan rusak, maka dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengurangi penampilan.

Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki kuku sehat dan tampak cantik. Mereka juga harus mengalami masalah pada kuku, yakni jamur kuku. Hal tersebut sangatlah menjijikkan, terlebih lagi jika dilihat oleh banyak orang. Untuk mengatasi masala jamur kuku, sebenarnya Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang diyakini ampuh menghilangkan jamur pada kuku. Adapun bahan-bahan alami tersebut adalah sebagai berikut:

1. Baking Soda

Sudah tidak asing lagi jika baking soda kerap dijadikan sebagai cara alternatif untuk menghilangkan noda yang sulit hilang. Ternyata, baking soda juga ampuh mengatasi masalah jamur pada kuku. Tidak hanya itu saja, baking soda juga bisa menghilangkan bau kaki. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan sekitar 4-5 sendok makan baking soda ke dalam air, lalu rendam kaki Anda selama 20 menit. Cara ini bisa Anda lakukan 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bawang Putih

Tidak hanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, bawang putih juga bisa dijadikan sebagai bahan alami yang bisa mengatasi masalah jamur pada kuku. Hal ini dikarenakan bawang putih dipercaya memiliki antifungal alami. Untuk mengaplikasikan bawang putih, Anda hanya cukup mengambil satu suing bawang putih segar, lalu potong. Setelah itu, gosokkan secara perlahan hingga halus pada kuku kaki yang terinfeksi jamur. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih.

3. Cuka Apel

Selain baking soda dan bawang putih, cuka apel juga sering dijadikan sebagai bahan alami dalam mengatasi suatu masalah kesehatan, salah satunya adalah menghilangkan jamur pada kuku. Cuka apel memiliki sifat asam sehingga sangat efektif dalam membunuh jamur yang bersarang pada kuku kaki. Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup menuangkan cuka apel ke dalam wadah yang berisi air. Kemudian, rendam kaki Anda selama 20 menit dan keringkan menggunakan handuk.