7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak secara Alami dan Aman

gusi-bengkak-dokterseha

DokterSehat.Com -Salah satu gangguan pada gusi yang sangat mengganggu adalah bengkak. Gusi yang bengkak membuat kita jadi susah makan. Bahkan, saat makan saja bisa membuat area yang mengalami inflamasi jadi sakit. Dampaknya Anda jadi susah makan hingga berhari-hari.

Gusi yang bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Pertama adalah luka yang terjadi saat kita makan sesuatu dengan tidak hati-hati. Selanjutnya infeksi juga menjadi penyebab utamanya.

Oh ya, gigi yang bengkak mungkin akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, kalau Anda tetap membiarkannya, kemungkinan terjadi masalah akan besar. Berikut beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami.

Penyebab gusi bengkak

Pada pembukaan di atas kita sudah membahas kalau salah satu pemicu gusi bengkak adalah makan yang tidak benar, misal terkena duri ikan atau sejenisnya. Selanjutnya, gusi bengkak juga disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

  • Plak yang muncul di gigi yang jarang sekali dibersihkan. Plak ini mengundang banyak bakteri dan akhirnya membuat gusi di sekitarnya mengalami inflamasi.
  • Infeksi yang menyebar di dalam mulut. Beberapa jenis penyakit menular bisa menyebabkan kondisi ini termasuk seriawan yang muncul di dalam rongga mulut.
  • Adanya gangguan pada gigi seperti parah, keropos, atau masalah lainnya. Karena gusi mengelilingi rahang dan gigi, kalau salah satu bagian terkena masalah, bagian lain juga akan menerimanya.
  • Alergi atau sensitif dengan jenis makanan tertentu. Misal makanan yang terlalu pedas, manis, atau panas.

Gejala gusi bengkak

Pembengkakan yang terjadi di gusi ditandai dengan beberapa hal di bawah ini. Simak baik-baik agar Anda bisa segera mengatasinya.

  • Keluar perdarahan dari gusi dengan intensitas rendah hingga tinggi. Perdarahan ini bisa dilihat kalau Anda meludah atau sedang menggigit buah. Darah akan menempel di makanan.
  • Saat dilihat secara langsung, bagian yang mengalami bengkak akan terlihat berwarna merah dan sangat membengkak. Gusi memang memiliki warna merah, tapi kalau ada pembengkakan terlihat sangat mencolok warnanya.
  • Nyeri yang cukup intens khususnya saat makan. Makanan yang agak keras terasa mengganggu sehingga Anda hanya bisa mengonsumsi makanan yang lunak.
  • Aroma mulut tidak sedap meski Anda sudah gosok gigi. Aroma ini bisa muncul karena ada darah yang keluar dan infeksi bakteri yang terus terjadi.

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami

Gusi yang membengkak mengganggu Anda saat makan dan juga berbicaralah. Oleh karena itu segera sembuhkan dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Air garam

Air garam memiliki komponen anti inflamasi. Menggunakan air garam untuk berkumur bisa membuat bengkak cepat reda. Selain itu pH dari mulut juga kembali normal seperti biasanya.

Kalau Anda ingin mencoba menyembuhkan bengkak di gusi, siapkan segelas air hangat. Tambahkan satu sendok teh garam halus lalu aduk hingga tercampur merata. Gunakan untuk berkumur tiga kali sehari setelah makan.

  1. Jus lemon

Jus lemon bisa dimanfaatkan untuk dua hal. Pertama untuk minuman dan kedua untuk berkumur. Kalau Anda ingin berkumur dengan jus lemon, siapkan satu buah utuh, peras, tambahkan dengan segelas air lalu segera gunakan untuk berkumur.

Jus lemon juga bisa langsung diminum dengan dicampur ke teh atau langsung diminum. Kandungan vitamin C yang banyak baik untuk mengobati pembengkakan. Selain itu elemen anti bakteri juga bisa mempercepat penyembuhan.

  1. Baking soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Soda kue ini bisa menyebabkan inflamasi perlahan-lahan. Selain itu, inflamasi juga tidak akan menyebar ke mana-mana dan semakin parah.

Gunakan baking soda untuk membersihkan gigi dan sekitarnya. Lakukan aktivitas menyikat gigi seperti biasanya lalu segera berkumur hingga bersih. Lakukan setiap pagi dan sore hari.

  1. Jahe

Jahe yang memiliki rasa pedas ini memiliki elemen anti inflamasi yang cukup besar. Untuk mengatasi masalah  gusi yang bengkak Anda bisa menumbuk jahe sepanjang 5-10 cm. Selanjutnya tambahkan dengan garam secukupnya.

Jahe yang sudah lembut bisa segera diaplikasikan ke gusi. Tempelkan pasta jahe ke bagian yang bengkak selama 15 menit. Selanjutnya keluarkan dan berkumurlah hingga bersih.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung elemen antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi. Bagian lidah buaya yang bisa digunakan adalah dalam daun yang berbentuk gel. Anda bisa mengambilnya, mencucinya hingga bersih lalu melumurkannya ke area gusi yang bengkak.

Kalau Anda suka dengan lidah buaya, gunakan bagian daging untuk membuat minuman. Konsumsi sehari dua kali tanpa ditambah dengan banyak gula.

  1. Kunyit

Kunyit bisa diaplikasikan langsung ke luka dengan membuat tumbukan secara langsung atau memakai yang sudah berbentuk bubuk. Selain itu Anda juga bisa mengolahnya menjadi sebuah minuman atau jamu.

Kunyit mengandung antioksidan yang melawan inflamasi. Selain itu, herbal ini juga mempercepat penyembuhan. Konsumsi sehari dua hingga tiga kali dengan campuran madu alami untuk memberikan rasa nikmat.

  1. Cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat untuk mengembalikan pH alami dari mulut. Selain itu inflamasi juga sedikit diturunkan perlahan-lahan hingga akhirnya sembuh.

Gunakan sebanyak 1 sendok cuka apel. Campur dengan air satu gelas lalu gunakan untuk berkumur-kumur hingga bersih. Dalam sehari lakukan sebanyak 2-3 kali hingga sembuh atau kondisi pembengkakan sudah mereda.

Inilah beberapa ulasan tentang cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Nah, Anda sendiri bagaimana mengatasi masalah gusi yang membengkak dan menyebabkan rasa sakit yang sangat besar? Semoga dengan membaca ulasan di atas Anda bisa mengatasi masalah gusi yang terjadi, ya.