4 Cara Mengatasi Bintitan pada Mata

doktersehat-perlindungan-mata
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bintitan merupakan suatu kondisi dimana muncul bentol kecil di area mata, khususnya kelopak mata. Di Indonesia sendiri, bintitan sering dikaitkan dengan mitos yakni karena suka mengintip orang mandi. Akan tetapi, fakta penyebab dari bintitan adalah adanya sejenis bakteri stafilokokus pada mata yang kemudian menyebabkan kelopak mata terinfeksi. Umumnya, bakteri ini bisa sampai ke mata akibat benda-benda yang tidak higienis, seperti kosmetik, lensa kontak, dan peralatan make up.

Jika Anda mengalami bintitan, Anda tentu akan bingung mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya, bukan? Pasalnya, bintitan akan sangat menggangu. Di samping menimbulkan rasa sakit pada mata, juga bisa membuat malu karena akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Namun, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bintitan, diantaranya:

1. Kompres dengan Kantung Teh Bekas

Jika Anda sedang membuat teh, jangan buang kantong teh bekasnya. Sebab, Anda masih bisa menggunakannya sebagai kompres mata untuk mengatasi bintitan. Anda bisa mengompres mata dengan kantong teh bekas selama 5-10 menit dan lakukan cara tersebut secara teratur. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menggunakan jenis teh hitam.

2. Kompres dengan Air Hangat

Selain mengompres mata dengan menggunakan kantong teh bekas, bintitan juga bisa diatasi dengan mengompres mata dengan air hangat. Caranya, basahi kain lap bersih dengan air hangat. Jangan lupa untuk memerasnya terlebih dahulu, kemudian kompres pada mata selama 5 hingga 10 menit.

3. Bersihkan dengan Sabun Bayi

Semua produk bayi dikenal memiliki kandungan alami dan tanpa campuran bahan kimia berbahaya, mengingat kulit bayi yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami bintitan pada mata, sebaiknya Anda membersihkannya menggunakan sabun bayi. Hal ini dikarenakan sabun bayi mengandung formula yang sangat lembut, sehingga aman digunakan pada mata.

4. Jangan Pakai Make Up Sementara

Ketika bintitan menyerang mata, upayakan untuk tidak menggunakan make up terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bintita disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga jika terkena kandungan make up, maka akan semakin memperburuk kondisi mata. Pastikan area mata yang terkena bintitan selalu dalam kondisi bersih.