Terbit: 30 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Rasa cemas adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang. Luapan emosi ini tidak ubahnya bahagia. Sayangnya kondisi cemas berlebihan bisa memicu anxiety yang cukup parah. Bahkan, kondisi ini bisa merusak kehidupan dari seseorang dan menyebabkan mereka tidak produktif lagi dalam banyak hal.

Penyebab dan Cara Mengatasi Anxiety Berlebih di Malam Hari

Oh ya, anxiety atau kecemasan berlebihan bisa terjadi kapan saja. Namun, kondisi ini akan semakin parah saat malam hari. Mengapa kecemasan makin parah saat malam hari. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini dengan baik? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Tanda-tanda kecemasan saat malam hari

Tanda-tanda dari kecemasan berlebihan saat malam hari harus kita waspadai dengan baik. Kalau Anda tidak acuh dengan kondisi ini bisa jadi gangguan kejiwaan ini sedang mengintai kita semuanya.

Gejala umum yang bisa terjadi kapan saja meski di malam hari bisa lebih parah dari sebelumnya. Seseorang dengan kondisi anxiety ini akan mengalami:

  • Kesulitan saat berkonsentrasi. Mereka yang mengalami anxiety akan susah berkonsentrasi dalam bekerja atau melakukan apa saja. Begitu akan mengerjakan sesuatu, pikirannya akan menjadi sangat kacau.
  • Saat akan tidur, mereka akan mengalami gangguan. Begitu memejamkan mata akan terlihat bayangan sesuatu yang tidak menyenangkan atau teringat sesuatu yang memunculkan trauma. Kalau pun nantinya bisa tidur, dalam beberapa saat akan terbangun dengan cepat.
  • Gangguan pada pencernaan seperti lambung. Gangguan ini menyebabkan seseorang sering mual dan sakit perut. Apa saja yang masuk ke dalam perut membuat mereka merasa tidak nyaman.
  • Selalu khawatir dengan banyak hal sehingga perasaan jadi tidak tenang. Kondisi ini membuat seseorang tidak nyaman.

Begitu malam tiba, rasa cemas yang berlebihan akan memicu beberapa tanda di bawah ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  • Perasaan bersalah dan berdosa selalu bermunculan dan ketakutan akan mendapatkan balasan yang buruk.
  • Selalu merasakan panas di tubuh dan berkeringat meski udara di sekitar sedang tidak panas.
  • Detak jantung akan mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan ini menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan membuat mereka semakin terjaga.
  • Efek lain dari detak jantung yang terus naik adalah pendeknya napas. Penderita akan mudah lelah dan kerap tidak tahan saat berada di ruangan yang agak sempit.
  • Sakit kepala ringan dan juga pusing akan muncul berkali-kali.
  • Merasa tidak berguna di hadapan keluarga atau teman. Kondisi ini bisa memicu perasaan tidak nyaman dan mungkin keinginan untuk bunuh diri.

Penyebab kecemasan saat malam hari

Gangguan kecemasan saat malam hari tidak disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini adalah perpaduan dari gangguan tidur dan anxiety yang berlebihan. Dua hal ini menyebabkan masalah dan saling terkait satu dengan yang lain. Jadi, akan sedikit susah mengetahui mana yang lebih dahulu menyebabkan kondisi kecemasan di malam hari.

Kurang tidur di malam hari akan menyebabkan kadar stres di dalam tubuh meningkat lalu memicu anxiety. Sebaliknya kalau anxiety atau kecemasan berlebihan muncul, Anda akan mengalami gangguan tidur akibat adrenalin sedang ada pada level tertingginya.

Selain itu, kondisi kecemasan berlebihan ini juga dipicu oleh kondisi medis tertentu seperti gangguan jantung, pembesaran tiroid, diabetes, iritasi di usus dan saluran n, tumor otak, dan gangguan medis kronis lainnya.

Cara mengatasi kecemasan saat malam hari

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi kecemasan. Namun, penyebab dari kecemasan di malam hari ini ada banyak sehingga penderita harus mendapatkan metode penyembuhan yang lebih spesifik.

  1. Menyembuhkan gangguan medis terlebih dahulu

Karena salah satu penyebab kecemasan berlebihan adalah gangguan media seperti tumor otak, gangguan jantung, dan gangguan pencernaan ada baiknya untuk menyembuhkan kondisi ini dahulu. Kalau kondisi kesehatan ini bisa disembuhkan, kemungkinan besar rasa cemas akan hilang dengan sendirinya.

  1. Psikoterapi

Kalau seseorang tidak memiliki kondisi kesehatan tertentu, mereka bisa mencoba metode psikoterapi. Dengan cara ini mereka akan diajarkan bagaimana cara untuk .mengubah pola berpikir dengan baik sehingga mood akan terjaga setiap saat. Umumnya cara berjenis cognitive berhavioral therapy atau CBT ini berjalan selama 3-4 bulan.

  1. Menggunakan obat kimia

Terkadang penyembuhan dengan cara psikoterapi tidak memberikan efek yang besar. Oleh karena itu pendekatan harus digabungkan dengan obat kimia sesuai dengan resep dokter. Salah satu obat yang sering diresepkan untuk mengatasi ini adalah benzodiazepines.

  1. Menggunakan obat alternatif

Kalau tidak ingin menggunakan obat kimia bisa menggunakan obat herba dan beberapa jenis suplemen alami lainnya. Dengan menggunakan obat jenis ini penanganan kecemasan di malam hari bisa dilakukan tanpa ada efek samping lanjutan.

Cara mencegah kecemasan saat malam hari

Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Berikut beberapa cara untuk mencegah kondisi kecemasan di malam hari agar tidak makin parah.

  • Lakukan meditasi secara rutin. Dengan melakukan meditasi, seseorang akan merasa lebih tenang. Pikiran yang buruk bisa segera dinetralkan sehingga tidur bisa tenang dan kecemasan hilang.
  • Lakukan latihan pernapasan dengan baik. Latihan pernapasan ini bisa membuat tekanan darah menjadi lebih stabil dan kemungkinan terjadi gangguan jantung dan berujung anxiety jadi rendah.
  • Melakukan olahraga secara rutin meski hanya sekadar jogging ringan setiap pagi atau sore hari.
  • Mengubah pola makan agar lebih sehat sehingga gangguan pencernaan yang bisa memicu anxiety tidak terjadi.
  • Menjauhi pemicu yang memunculkan rasa takut dan cemas.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menangani kecemasan berlebihan atau anxiety saat malam hari dan mengetahui penyebabnya. Nah, berdasarkan ulasan di atas, kira-kira siapa saja yang paling rawan mengalami kondisi gangguan kejiwaan ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi