Mengapa Setelah Muntah Terasa Lega?

DokterSehat.Com– Perut yang terasa mual akan membuat kita tidak nyaman dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas. Hanya saja, jika kita berhasil memuntahkannya, badan akan terasa jauh lebih enakan, kepala tak lagi pusing, dan kita pun akan merasa lebih nyaman. Sebenarnya, bagaimana bisa muntah bisa menyebabkan efek ini?

Pakar kesehatan menyebut salah satu penyebab mual adalah penyakit maag atau peningkatan asam lambung. Perut akan terasa nyeri dan bahkan bisa menyebabkan pusing atau kepala. Saat asam lambung naik hingga ke tenggorokan dan membuat kita akhirnya muntah, hal ini memang akan membuat lega karena asam lambung dan makanan yang sebelumnya seperti membebani tenggorokan dan menyebabkan rasa tidak nyaman telah menghilang.

“Memang, seringkali kita akan merasa lega dan lebih nyaman setelah muntah, namun bukan berarti kita bisa dengan enteng menyepelekannya karena paparan asam lambung tidak baik bagi kondisi tenggorokan. Sebaiknya kita mencegah agar tidak lagi mual-mual atau mengalami maag di masa depan,” ucap dr. Duddy Djajadisastra dari Rumah Sakit Bethsaida.

Bagi mereka yang memiliki hobi merokok, ada baiknya segera menghentikan kebiasaan ini karena asap rokok ternyata termasuk dalam penyebab utama kenaikan asam lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan rokok, yakni nikotin yang mengganggu kinerja otot sistem pencernaan sehingga membuat asam lambung mudah naik. Hal yang sama juga terjadi jika kita hobi mengonsumsi minuman beralkohol sehingga harus menghentikan kebiasaan ini.

Cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah maag atau asam lambung tinggia dalah makan dengan frekuensi yang lebih sering namun dengan porsi yang jauh lebih sedikit, tidak makan hingga terlalu kenyang karena bisa membuat isi lambung kembali naik ke tenggorokan, tidak makan sebelum tidur, dan menurunkan asupan makanan dan minuman bersifat asam dan pedas seperti sambal, buah jeruk, dan kopi. Kita juga sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti gorengan.

Saat maag menyerang, jangan sembarangan mengonsumsi obat pereda maag karena bisa saja menyebabkan efek buruk bagi kesehatan lambung. Jika kondisi ini sering menyerang, ada baiknya kita mengunjungi dokter demi mendapatkan solusi medis yang tepat.