Mengapa Setelah Minum, Pemain Sepakbola Meludahkanya Kembali?

minuman_sepakbola_doktersehat_1
Photo Source: Footballgate.com

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, para pemain sepakbola yang bermain di Piala Dunia 2018 atau liga-liga sepakbola lainnya di seluruh dunia cenderung meludahkan kembali minuman yang baru saja mereka konsumsi saat bertanding. Bukankah hal ini bisa menjadi pemborosan? Sebenarnya, apa alasan utama mereka melakukannya?

Dilansir dari Live Science, banyak orang yang menganggap perilaku para pemain sepakbola ini cukup aneh. Memang, mereka masih sempat menelan minuman yang baru saja mereka konsumsi, namun mengapa mereka juga harus meludahkan kembali minuman yang sudah ada di dalam mulut?

Pakar kesehatan menyebut fenomena ini sebagai carb rinsing atau pembilasan karbo. Minuman yang dikonsumsi oleh para pemain sepakbola ini bukanlah minuman biasa, melainkan larutan karbohidrat yang memang ditujukan untuk berkumur-kumur selama 5 hingga 10 detik. Tujuan dari melakukan hal ini adalah demi mendapatkan kembali energi dan meningkatkan kewaspadaan selama bertanding.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 silam, disebutkan bahwa cara ini mampu meningkatkan performa atlet saat menjalani aktivitas dengan intensitas tinggi selama 1 jam. Bahkan, cara ini dianggap jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan yang diklaim bisa menambah stamina dan energi.

Hanya saja, Dr. Sourav Poddar yang berasal dari UC Health menyebutkan bahwa efek penambahan energi setelah berkumur-kumur ini sebenarnya cukup minimal, yakni hanya 2 hingga 3 persen saja. Meskipun begitu, saat bagian mulut yang berfungsi sebagai reseptor karbohidrat ini terangsang, maka akan terjadi peningkatan aktivitas di bagian tertentu otak yang akhirnya meningkatkan fungsi motorik tubuh.

Ternyata, apa yang dilakukan para pemain sepakbola ini ada gunanya, tidak hanya membuang-buang air yang dikonsumsi saat bertanding.