Merokok adalah salah satu penyebab utama dari kanker paru-paru. Namun ternyata para perokok pasif atau orang yang tidak pernah merokok ternyata juga berisiko untuk terkena kanker paru-paru. Sekitar 20% dari pasien yang meninggal akibat kanker paru-paru adalah perokok pasif. Para ahli saat ini masih meneliti penyebab mengapa perokok pasif atau orang yang tidak pernah merokok bisa terkena kanker paru. Dilansir dari Health, berikut beberapa hal yang dianggap dapat memicu kanker paru pada perokok pasif:

doktersehat-paru-rokok-kanker

Gas radon

Radon merupakan penyebab utama kanker paru pada perokok pasif. Radon merupakan salah satu jenis gas radioaktif yang dihasilkan dari pembusukan normal unsur uranium, thorium dan radium dalam batuan dan tanah. Radon merupakan gas yang tidak terlihat dan tidak berbau yang bisa berdifusi ke udara. Bagi orang yang sering menghirup radon, memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru.

Kadar radon tinggi banyak ditemui di rumah yang terisolasi dan memiliki ventilasi yang buruk, atau rumah yang berada di atas tanah yang kaya akan unsur uranium, thorium dan radium. Di Indonesia baru ada beberapa daerah yang diketahui memiliki kadar radon tinggi. Namun belum terbukti angka kasus kanker paru tinggi di daerah tersebut. Untuk menghindari paparan radon berlebih, pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik atau gunakan exhaust fan untuk memastikan sirkulasi rumah dapat berjalan dengan baik.

– Iklan –


Menjadi perokok pasif

Hindari asap rokok dari orang-orang di sekitar Anda, baik di tempat umum atau tempat kerja. Asap rokok juga memiliki efek yang berbahaya seperti batang rokok. Selain itu Anda juga perlu menghindari produk tembakau lain seperti cerutu dan produk lain dari tembakau.

Kontaminan di tempat kerja

Kontaminan adalah zat yang dapat membahayakan kesehatan. Jika Anda berada di lingkungan yang dekat dengan zat seperti asbes atau bahan bakar diesel, Anda juga dapat berisiko terkena kanker paru.

Mutasi gen

Hasil penelitian menyebutkan bahwa perbedaan gen masing-masing orang merupakan salah satu penyebab kanker. Beberapa gen dapat kehilangan kemampuannya untuk menekan pertumbuhan tumor atau kanker. Hal ini menjelaskan mengapa para perokok pasif dapat menderita kanker meskipun mereka belum pernah merokok. Perubahan gen pada diri sendiri lebih banyak jadi pemicu kanker daripada perubahan gen karena diwariskan oleh anggota keluarga.

Mengetahui beberapa faktor risiko pemicu kanker bisa mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker paru. Selain itu Anda juga dapat meminimalisir risiko tersebut dengan menyantap makanan sehat seeperti buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan, dan juga hidup sehat.