Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, olahraga juga mampu membantu seseorang menurunkan berat badan selain diet. Gerakan atau latihan yang dilakukan pada saat sedang olahraga diyakini mampu membakar kalori dan lemak di dalam tubuh.

Mengapa Olahraga Justru Membuat Berat Badan Semakin Naik?

Photo Credit : pexels.com

Olahraga bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Ada banyak macam latihan yang bisa dilakukan, seperti latihan kardio dan latihan angkat beban. Kedua jenis latihan tersebut dipercaya mampu memberikan hasil yang signifikan dalam menurunkan berat badan dan membentuk otot tubuh, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata olahraga dapat membuat badan semakin gemuk? Mungkin Anda pernah berolahraga secara rutin, namun berat badan tidak kunjung turun tapi justru semakin naik. Padahal, seperti yang diungkapkan oleh banyak peneliti bahwa olahraga merupakan salah satu cara paling jitu untuk menurunkan berat badan.

Lalu, bagaimana bisa olahraga malah membuat badan semakin gemuk? Para peneliti mengatakan bahwa sebagian besar orang yang berolahraga di pusat kebugaran seringkali beranggapan bahwa dengan melakukan berbagai latihan, mereka bisa mengonsumsi segala jenis makanan terutama makanan bergula dan berlemak tanpa perlu takut berat badan bertambah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tentu saja, anggapan mereka tidaklah benar. Aktivitas fisik yang mereka lakukan tidak serta merta membakar ratusan bahkan ribuan kalori sekaligus. Salah satunya adalah jika pada hari pertama Anda mengonsumsi pizaa berukuran medium, setelah itu Anda berniat untuk membakar kalori yang masuk dengan cara bersepeda selama 45 menit. Namun, setelah olahraga Anda kembali mengonsumsi beef burger dan minuman bersoda, bisa diperkirakan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada yang terbakar.

Seorang personal trainer dari Amerika Serikat mengatakan bahwa olahraga yang diimbangi dengan perubahan gaya hidup dan asupan nutrisi yang cukup, maka hasilnya akan maksimal. Oleh sebab itu, setelah berolahraga disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi dan protein baik seperti dada ayam tanpa lemak, telur rebus, atau ikan panggang dengan sayuran yang kaya akan serat. Dengan demikian, olahraga yang Anda lakukan bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, bukan malah menaikkan berat badan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi