Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini kasus miras oplosan kembali memakan banyak korban di beberapa daerah, tepatnya di Jakarta, Depok, dan Bekasi. Memang, belum jelas detail minuman apa yang dikonsumsi para korban, namun, kasus yang kesekian kali ini menunjukkan fakta bahwa minuman miras oplosan memang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengapa Miras Oplosan Bisa Sangat Mematikan?

Photo Credit: Mental Floss

Dikutip dari CNN, pakar kesehatan penyakit dalam dr. Ari Fahrial Syam menyebut miras oplosan sebagai minuman yang didapatkan dari campuran beberapa jenis minuman beralkohol. Karena dicampur dengan sembarangan, maka kadar alkohol pada minuman ini akan meningkat dengan signifikan dan membahayakan kesehatan. Bahkan, seringkali miras oplosan ini juga dicampur dengan bahan lain yang tak kalah berbahayanya.

Yang menjadi masalah adalah, semakin tinggi konsentrasi alkohol dalam suatu minuman, semakin berbahaya dampaknya bagi kesehatan. Sebagi contoh, kandungan alkohol yang tinggi ini akan memicu iritasi dan luka pada lambung. Selain itu, organ pencernaan lainnya seperti usus juga bisa mengalami dampak buruk berupa munculnya kanker seperti kanker kolon atau kanker kolorektal.

Organ liver atau hati juga mengalami dampak kesehatan yang sangat buruk. Bagaimana tidak, kinerja liver akan semakin berat karena harus memetabolisme alkohol sehingga akhirnya mengalami peradangan. Risiko terkena penyakit sirosis hati dan kanker hati pun meningkat dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Cukup banyak orang yang mencampur minumannya dengan alkohol berjenis methanol. Padahal, methanol termasuk dalam alkohol industri yang dipakai dalam produk seperti cat, pelarut cat, penghilang vernis, dan lain sebagainya. Memang, mengonsumsi methanol bisa memicu euphoria memabukkan dan menyenangkan, namun, hal ini bisa memicu pankreatitis, hepatitis akut, perdarahan saluran pencernaan, dan gejala lainnya.

Dalam banyak kasus, konsumsi miras oplosan juga bisa memicu gangguan otot, depresi pada pernapasan, gagal napas, edema paru, hipoglikemia, koma, dan dampak mengerikan lainnya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari minuman keras karena sangat berbahaya bagi kesehatan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi