Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, sebelum kita beranjak ke tempat tidur, tubuh seperti tiba-tiba saja merasa haus dan kita memiliki keinginan kuat untuk minum air putih. Bahkan, meskipun kita sudah minum dalam waktu yang tidak lama sebelumnya, keinginan untuk minum lagi ini sangat kuat. Apa yang sebenarnya terjadi?

Mengapa Kita Selalu Haus Sebelum Tidur?

Pakar kesehatan Profesor Charles Bourque darai McGill University, Kanada, menyebutkan bahwa rasa haus ini ternyata terkait dengan dilepasnya senyawa kimia yang ada dalam otak kita. Pelepasan ini sesuai dengan jam biologis tubuh dan akan terus terulang setiap hari. Senyawa yang dimaksud adalah vasopressin dan dilepaskan oleh bagian hipotalamus otak.

Yang menarik adalah, proses pelepasan senyawa vasopressin ini cenderung lebih sering terjadi di malam hari, saat suasana lebih gelap dari sebelumnya. Karena alasan inilah kita cenderung mudah merasa haus sebelum tidur meskipun sebelumnya kita sebenarnya sudah mengonsumsi minuman dan tidak mengalami kondisi dehidrasi.

Tujuan dari pelepasan senyawa vasopressin adalah untuk memastikan bahwa tubuh kita mengonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup karena saat tidur, kita tidak mengonsumsi minuman apapun dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja berbagai organ yang ada dalam tubuh.

Meskipun begitu, ada baiknya kita tidak mengonsumsi air dalam jumlah yang berlebihan di malam hari, khususnya sebelum tidur karena jika kita melakukannya, maka kita akan lebih mudah terbangun untuk buang air kecil berkali-kali dan hal ini tentu akan menurunkan kualitas tidur dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi