Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, kondisi Anda mungkin tidak sebugar seperti kondisi Anda sebelum hamil. Ibu hamil cenderung mengalami beberapa keluhan saat hamil seperti mual-mual, kram, dan juga mudah lelah. Apa penyebab ibu hamil mudah lelah?

Mengapa Ibu Hamil Mudah Lelah?

Penyebab ibu hamil mudah lelah

Anda yang sedang hamil mungkin sering merasa tiba-tiba lelah padahal sudah cukup tidur dan tidak melakukan banyak aktivitas berat. Kondisi ini sering membuat ibu hamil dianggap malas oleh orang-orang sekitar, padahal tidak demikian. Beberapa penyebab ibu hamil mudah lelah antara lain:

1. Perubahan hormon kehamilan

Saat hamil, hormon progestron dalam tubuh meningkat. Kondisi inilah yang membuat metabolisme tubuh ibu meningkat sehingga membuat bumil mudah merasa mengantuk dan kelelahan. Karena itu kelelahan pada ibu hamil bisa terjadi pada awal kehamilan, atau sepanjang kehamilan.

2. Perubahan fisik pada ibu hamil

Perubahan fisik pada ibu hamil bukan hanya perut yang tampak membesar, namun juga kaki bengkak dan persoalan lainnya yang membuat tubuh ibu merasa tidak nyaman. Pada kehamilan yang sudah memasuki trimester kedua, janin akan bergerak aktif dan memberikan tekanan yang lebih berat sehingga ibu merasa mudah lelah.

3. Stres menghadapi persalinan

Semua ibu tentu memiliki kekhawatiran menghadapi persalinan. Pikiran ini ternyata juga bisa membuat ibu hamil menjadi mudah lelah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Kelelahan yang perlu diwaspadai

Kelelahan umumnya dapat hilang dalam beberapa hari setelah mendapat istirahat yang cukup. Namun apabila kelelahan tidak kunjung hilang, Anda perlu mewaspadai jika kelelahan tersebut merupakan gekala deperesi, atau kondisi lainnya.

Kelelahan yang terus menerus dan diserrtai rasa lapar dan haus terus-menerus dapat menandakan gejala diabetes gestasional. Kemudian kekelahan yang diikuti dengan gejala demam, sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar serta mual dan muntah, juga perlu Anda periksakan ke dokter.

Untuk mengatasi kelelahan saat hamil, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan yang cukup setiap harinya, sambil menjaga pola makan yang baik agar tetap sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi