Terbit: 23 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu penyakit yang cenderung sangat mudah menular adalah flu. Penyakit ini tak hanya akan membuat hidung kita tersumbat atau badan tidak karuan. Dalam realitanya, aktivitas tubuh bisa sangat terganggu jika kita sampai tertular penyakit ini.

Mengapa Flu Sangat Mudah Menular?

Penyebab Flu Bisa Mudah Menular

Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini menyerang saluran pernapasan dengan gejala yang jauh lebih berat dibandingkan dengan pilek. Kita bahkan bisa mengalami demam, nyeri otot, hingga sakit kepala yang sangat tidak nyaman hingga beberapa hari. Hanya saja, jika kita terkena flu, bisa jadi orang-orang di sekitar kita baik itu keluarga atau teman-teman akan tertular.

Penularan penyakit ini memang sangat mudah terjadi. Bahkan, hanya dengan mengobrol, batuk, atau bersin di depan orang lain, hal ini sudah cukup untuk memicu penularan flu.

Pakar kesehatan menyebut sistem kekebalan tubuh kita tidak bisa melakukan tindakan yang sama untuk mengatasi virus flu sebagaimana saat menangani virus penyebab penyakit lainnya. Jika setelah terkena virus penyakit lain tubuh kemudian bisa kebal pada virus tersebut, khusus untuk virus flu, tubuh kita tidak bisa kebal dengan virus ini. Hal ini bisa membuat kita berkali-kali tertular penyakit ini.

Penularan penyakit ini seringkali disebabkan oleh tetesan air liur yang tanpa disadari bisa menyebar saat berbicara, bersin, atau batuk. Selain itu, ada kecenderungan orang yang sedang flu sering memegang hidung atau mulut sehingga tetesan ini bisa saja berpindah ke tangan. Jika tangan ini kemudian dipakai untuk memegang orang lain atau memegang benda yang juga dipakai orang lain, bisa saja memicu penularan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Orang dewasa bisa menularkan virus penyakit ini sekitar 5 hingga 7 hari setelah mulai terserang flu. Sementara itu, anak-anak bisa menularkannya setelah 7 hari menderita penyakit ini.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sistem kekebalan tubuh kita kesulitan untuk membuat tubuh kebal terhadap virus flu. Jika biasanya antibodi bisa menandai zat-zat asing seperti virus dan bakteri sebelum kemudian menghancurkannya sehingga tubuh kemudian kebal pada penyebab penyakit tersebut, tindakan ini sama sekali tidak bisa dilakukan pada virus flu.

Hal ini berarti, tubuh kita sebenarnya sama sekali tidak memiliki perlindungan apapun pada virus flu sehingga sangat mudah untuk tertular.

Mencegah Penularan Flu

Meskipun sistem imun tidak memiliki mekanisme untuk mencegah serangan virus flu, bukan berarti kita tidak bisa mencegah kedatangan penyakit ini sama sekali. Asalkan sistem kekebalan tubuh kita berada dalam kondisi prima, biasanya kita tidak akan mudah tertular penyakit ini.

Hal ini berarti, kita harus memastikan diri untuk menjaga pola makan sehat, mencukupi kebutuhan minum, tidur cukup, dan mnghindari stres demi menjaga kekuatan sistem imun tubuh.

Selain itu, kita juga diminta untuk rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, setelah memegang tangan orang lain, atau setelah memegang benda yang sering dipakai orang lain. Jika berada di luar ruangan atau keramaian, ada baiknya kita memakai masker demi menutupi hidung dan mulut dari berbagai hal yang bisa memicu penularan flu.

Jika perlu, kita juga bisa mendapatkan vaksin flu yang bisa membuat tubuh mengalami peningkatan perlindungan dari penyakit ini hingga 99 persen. Biasanya, vaksin ini dibutuhkan jika kita akan berkunjung ke lokasi dimana flu sedang mewabah. Vaksin ini bisa didapatkan setiap tahun demi memberikan perlindungan pada tubuh dengan lebih baik

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. How Flu Spreadswww.cdc.gov/flu/about/disease/spread.htm (Diakses pada 23 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi