Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika camilan kaya MSG atau micin seperti keripik kentang kemasan memiliki rasa yang sangat enak. Banyak orang yang bahkan mengaku bisa kecanduan dan sulit untuk berhenti mengunyahnya, apalagi jika dikonsumsi sembari melihat acara televisi favorit. Sebenarnya, apa sih penyebab dari ketagihan ini?

doktersehat-keripik-junk-food

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa MSG memang memiliki fungsi sebagai penguat rasa. Biasanya, makanan yang memiliki kandungam MSG memiliki rasa yang lebih gurih sehingga membuat kita pun seperti ketagihan dan sulit untuk berhenti mengonsumsinya.

Sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya apakah tidak apa-apa jika kita menuruti keinginan untuk terus mengonsumsi camilan yang kaya akan micin ini? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa berlebihan menonsumsi camilan yang kaya akan MSG dan sodium akan memicu penurunan kadar cairan tubuh sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Bahkan, ada sebagian orang yang mengalami gejala seperti rasa haus, nyeri perut, atau diare.

Dalam sebuah penelitian, kandungan natrium yang ada di dalam MSG memang lebih rendah jika dibandingkan dengan kandungan natrium yang ada dalam garam dapur. Natrium dalam MSG hanyalah 13 persen dari berat total, tiga kali lebih rendah jika dibandingkan dengan natrium dalam garam dapur yang mencapai 39 persen.

Jika kita mengonsumsi camilan bermicin dalam jumlah yang cukup banyak, dikhawatirkan kita akan mengonsumsi natrium dalam jumlah yang berlebihan sehingga bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan, khususnya bagi organ jantung dan pembuluh darah.

Pakar kesehatan meminta kita untuk tidak lagi mengonsumsi camilan yang kaya MSG atau micin. Sesekali mengonsumsinya boleh-boleh saja, namun ada baiknya kita mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan yang tentu lebih aman bagi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi