Buah Zakar Sakit? Ini Penyebab & Cara Menanganinya

Doktersehat-buah zakar sakit

DokterSehat.Com – Buah zakar sakit barangkali cukup umum dialami oleh beberapa orang tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa buah zakar sakit ini bisa menjadi tanda awal dari suatu penyakit? Lantas, apa saja penyebab dari buah zakar sakit ini?

Perlu diketahui, testis adalah kelenjar kelamin jantan yang terdapat pada hewan dan manusia (pria). Pria mempunyai dua testis dan dibungkus dengan skrotum yang berfungsi memproduksi sperma dan hormon seks pria seperti testosteron.

baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Testis Besar Sebelah

Namun, ada kalanya testis sakit dan terasa nyeri, sehingga Anda perlu untuk mewaspadai gangguan tersebut. Inilah beberapa penyebab buah zakar sakit yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Penyebab Buah Zakar Sakit/Testis Nyeri:

  1. Varikokel

Buah zakar sakit adalah penyakit yang tidak diinginkan oleh pria mana pun. Salah satu hal yang bisa membuat testis sakit adalah problem kesehatan yang disebut sebagai varikokel. Varikokel merupakan salah satu gangguan kesehatan pada pembuluh darah di sekitar alat reproduksi pria, yaitu sekitar testis yang menjadi tempat diproduksinya sperma pada pria.

  1. Hernia inguinalis

Ternyata tidak hanya varikokel saja yang bisa membuat buah zakar sakit. Masalah kesehatan lainnya seperti hernia atau yang biasa disebut dengan turun bero paling umum terjadi dan muncul sebagai tonjolan di selangkangan atau skrotum.

Hernia inguinalis terjadi ketika dinding abdomen berkembang sehingga usus menerobos ke bawah melalui celah. Jika Anda merasa ada benjolan di bawah perut yang lembut, kecil, dan mungkin sedikit nyeri dan bengkak, mungkin saja Anda terkena hernia ini. Anda perlu berkunjung ke dokter dan berkonsultasi mengenai hal tersebut sebelum rasa testis nyeri menjadi semakin parah.

  1. Hidrokel

Penyebab ketiga yang bisa menyebabkan testis nyeri adalah hidrokel. Hidrokel disebabkan oleh penumpukan cairan pada satu atau dua testis pria yang menyebabkan skrotum (kantung testis) membesar.

  1. Gangrene fournier

Selain ketiga penyebab di atas, Gangrene Fournier juga bisa menjadi penyebab buah zakar sakit. Gangrene Fournier memperlihatkan adanya pembengkakan pada skrotum. Gangrene fournier adalah salah satu penyakit darurat di bidang urologi yang perlu untuk diwaspadai. Biasanya, penyebab penyakit ini adalah karena faktor usia, komplikasi dari penyakit lain seperti diabetes, dan sistem kekebalan tubuh yang kurang kuat.

  1. Kanker testis

Merupakan pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis yang bisa menyebabkan testis membesar atau muncul benjolan di dalam skrotum.

  1. Torsi

Kondisi ini terjadi ketika salah satu testis Anda terpelintir secara spontan di dalam skrotum yang menyebabkan penurunan aliran darah ke testis yang terpelintir. Kondisi ini juga sangat darurat dan memerlukan penanganan medik yang cepat.

  1. Radang testis

Radang testis atau orchitis adalah peradangan yang terjadi pada testis sehingga menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan infeksi. Penyakit radang testis ini bisa menyebabkan sakit buah zakar yang pada akhirnya mengganggu aktivitas pria yang mengalami gangguan kesehatan ini.

  1. Batu ureter

Penyebab lain yang juga bisa menyebabkan buah zakar sakit adalah batu ureter. Batu ureter disebabkan akibat batu ginjal yang turun ke ureter. Gerakan peristaltik ureter mencoba mendorong batu ke distal sehingga menimbulkan kontraksi yang kuat.

Batu ureter dapat terbentuk di seluruh saluran kemih, terutama pada tempat-tempat yang sering mengalami hambatan aliran urine (stasis urine), yaitu pada sistem kalises ginjal atau buli buli.

  1. Cedera di sekitar testis

Terkadang, aktivitas yang terlalu berat bisa menyebabkan cedera di sekitar testis yang menyebabkan testis sakit. Apabila penyebab buah zakar sakit karena cedera yang disebabkan oleh aktivitas mekanik, maka Anda bisa menangani sesuai penyebab cedera tersebut. Dalam keadaan darurat, nyeri pada testis perlu penanganan serius dari dokter.

baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Ukuran Testis Tak Simetris

Bagaimana Pengobatan untuk Testis Nyeri?

Buah zakar sakit bisa menjadikan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada Anda, terlebih dibiarkan hingga berlarut-larut sampai menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Berikut ini ada beberapa cara atau penanganan buah zakar sakit atau testis nyeri yang bisa Anda terapkan jika mengalami hal yang kurang mengenakkan ini. Cara penanganannya adalah:

  1. Jika skortum membengkak, kompres dengan es batu. Es batu bisa mengurangi pembengkakan dan mengurangi sensasi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan pada testis. Jangan mengompres testis yang nyeri dengan air hangat, lebih baik gunakan handuk yang telah dicelup air dingin.
  2. Sering berolahraga namun jangan lakukan aktivitas apapun jika terasa nyeri. Jika Anda memaksakan diri berolahraga saat testis sakit, risiko cedera bisa menjadi lebih besar.
  3. Pakailah pakaian dalam yang longgar dan nyaman yang bisa melindungi testis Anda. Terlalu sering memakai pakaian ketat bisa menyebabkan testis nyeri. Jadi, perhatikan pakaian Anda agar penyebab buah zakar sakit bisa dicegah.