Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berat badan bayi merupakan salah satu tolok ukur kesehatan bayi. Jika berat badan anak berada di bawah angka yang seharusnya, tentu hal ini akan membuat orang tua khawatir. Namun ada kalanya pola makan anak sudah baik tetapi angka timbangan tidak juga bergeser ke kanan. Mengapa?

Mengapa Berat Badan Bayi Susah Naik?

Beberapa penyebab berat badan anak susah naik

Pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan, makanan utamanya adalah ASI. Jika Anda sudah memberikan ASI dengan baik namun berat badan si kecil tidak kunjung naik, kemungkinan ia mengalami masalah saat makan. Beberapa masalah saat makan antara lain:

1. Si kecil memiliki refleks menyedot yang lemah
Permasalahan ini seringnya tidak disadari oleh ibu menyusui. Jika anak memiliki reflesk menyedot ASI yang lemah maka ASI tidak akan dihisap secara optimal oleh bayi sehingga berat badan bayi pun sulit bertambah.

2. Anak menyusu dengan tidak optimal
Anak-anak yang menyusu dalam kondisi kelelahan atau mengantuk dapat tertidur ketika proses menyusu belum selesai. Akibatnya anak tidak mendapat kandungan hindmilk dalam ASI yang membantu menambah berat badannya.

3. Gangguan pada mulut bayi

Adanya gangguan pada mulut bayi seperti bibir pecah-pecah pada bayi atau langit-langit mulut akan mengganggu proses menyusui. Anda bisa mengamati gangguan ini dan berkonsultasi pada dokter anak.

4. Takaran susu formula tidak tepat

Bagi Anda yang memberikan ASI dengan kombinasi susu formula atau memberikan susu formula sepenuhnya pada bayi, mungkin perlu memeriksa kembali takaran susu formula yang diberikan pada anak. Takaran susu formula dan jumlah air yang tidak tepat juga dapat menyebabkan berat badan anak susah naik dan menyebabkan anak sembelit.

5. ASI ibu kurang
Jika ibu memberikan ASI eksklusif pada anak namun berat badan anak tidak segera bertambah, bisa jadi ASI yang dihasilkan ibu tidak mencukupi kebutuhan anak. Anda bisa mengoptimalkan produksi ASI atau mengombinasikan ASI dengan susu formula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

6. Anak memiliki kondisi khusus
Beberapa anak yang memiliki maslaah pencernaan, pemulihan dari sakit dapat menyebabkan berat badan anak susah bertambah. Selain itu kondisi lain seperti masalah syaraf, kromosom pada anak atau gangguan metabolisme juga dapat menyebabkan berat badan anak susah naik.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi