Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyusui merupakan momen paling hangat antara ibu dan bayinya. Terkadang menyusui tidak selalu berjalan mulus, ada kalanya si kecil berulah dengan menggigit puting ibunya saat menyusu. Kenapa ya?

Mengapa Bayi Senang Menggigit Saat Menyusu?

Penyebab bayi menggigit puting ibu saat menyusu

Ada beberapa penyebab bayi gemar menggigit puting saat menyusu, di antaranya:

1. Posisi bayi menyusu tidak nyaman
Salah satu penyebab bayi menggigit saat menyusu adalah karena ia tidak merasa nyaman dengan posisinya. Menggigit puting ibu adalah bentuk dari komunikasi bayi pada ibunya untuk memberi tahu rasa tidak nyaman yang ia rasakan.

2. Tumbuh gigi

Apabila bayi menggigit puting ibu di usianya yang memasuki 4 bulan ke atas, ada kemungkinan bayi mengalami tumbuh gigi sehingga gusinya terasa gatal dan gemar menggigit sesuatu di sekitarnya. Kadang tanda tumbuh gigi juga disertai dengan air liur yang menetes berlebih pada bayi atau demam.

3. Bayi merasa tidak diperhatikan
Menyusu adalah momen paling intim antara ibu dan bayi. Bukan hanya ibu yang bisa merasakan hal tersebut, namun bayi juga. Itu sebabnya, bayi juga bisa protes jika saat menyusu Anda mengabaikannya dan justru lebih asyik dengan ponsel atau menonton televisi. Saat menyusui, sebaiknya Anda mengajak bayi kontak mata dan berbicara agar ia merasa diperhatikan.

Mencegah bayi agar tidak menggigit puting

Ketika bayi menggigit puting, sebaiknya hentikan sejenak kegiatan menyusui Anda, lalu ubah posisi menyusui agar jadi lebih nyaman. Cara ini selain membuat bayi lebih nyaman, ia juga akan membuat bayi merasa diperhatikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jika bayi masih terus menggigit, berikan teether atau sesuatu yang bisa digigit bayi untuk mengalihkan perhatiannya. Meskipun sakit, namun hindari untuk refleks memukul bayi ketika bayi mulai menggigit. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi trauma. Jelaskan pada bayi bahwa Anda akan merasa kesakitan jika si kecil terus menggigit putingnya dan bayi akan sulit mendapatkan ASI. Setelah menyusu, bersihkan payudara Anda dan oleskan krim anti lecet pada puting.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi