Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– ASI kolostrum adalah air susu ibu yang keluar pertama kali setelah proses persalinan. ASI kolostrum ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan ASI yang diproduksi ibu beberapa hari setelah proses persalinan. Kira-kira apa bedanya dan mengapa ASI kolostrum harus diberikan pada saat bayi baru lahir?

Mengapa ASI Kolostrum Harus Diberikan Saat Bayi Baru Lahir?

ASI kolostrum memiliki tampilan yang berbeda dari ASI biasa, umumnya ASI kolostrum lebih kental dan berwarna lebih kuning. Konon, karena tampilannya ini banyak yang beranggapan bahwa ASI ini merupakan ASI yang ‘jelek’ karena merupakan ASI yang baru pertama diproduksi dan belum sempurna hasilnya. Sehingga cukup banyak yang beranggapan bahwa ASI kolostrum harus dibuang.

Padahal yang membedakan ASI kolostrum dengan ASI biasa (yang diproduksi 2 minggu setelah proses persalinan) adalah kandungan gizinya yang jauh lebih unggul pada ASI kolostrum dibandingkan dengan ASI biasa.

Sudah banyak studi dan pedoman yang menunjukkan bahwa ASI kolostrum merupakan makanan terbaik untuk awal kelahiran bayi. Selain itu gerakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) juga merupakan salah satu bentuk dukungan dari berbagai pihak agar ASI kolostrum ini diberikan pada bayi saat baru lahir.

ASI kolostrum dianjurkan untuk diberikan pada 2-3 hari pertama sejak kelahiran bayi. Pada saat bayi baru lahir tubuhnya masih beradaptasi dengan kondisi yang baru. Maka dari itu perlu diberikan perlindungan agar bayi terhindar dari penyakit.

ASI kolostrum mempunyai kandungan secertory globulin A, laktoferin dan sel-sel mononuklear yang berfungsi untuk memberikan perlindungan imunologis atau kekebalan tubuh pada bayi. Inilah alasan utama mengapa ASI kolostrum harus diberikan pada saat bayi baru lahir.

Sehingga pemberian ASI kolostrum pada bayi yang baru lahir merupakan suatu perlindungan yang diberikan dari ibu melalui ASI untuk bayi. Dengan pemberian ASI kolostrum bayi akan lebih terlindungi dari penyakit karena telah memiliki kekebalan tubuh dari kandungan yang ada di ASI kolostrum.

Pemberian ASI kolostrum merupakan tantangan tersendiri bagi ibu yang baru melahirkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa cukup banyak ibu yang mengalami masalah dalam proses pemberian ASI seperti ASI yang tidak keluar atau bayi yang menolak ASI. Kondisi kesehatan, psikologis dan asupan gizi ibu berperan penting dalam pemberian ASI di saat bayi baru lahir.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi