Mengapa Anda Mengalami Cegukan dan Bagaimana Cara Menghentikannya?

doktersehat-sesak-nafas-asma

DokterSehat.Com– Saat Anda berbincang dengan teman atau bahkan sedang berkencan, namun Anda sedang mengalami cegukan. Itu sangat mengganggu komunikasi Anda, bukan?

Orang yang Anda ajak berbicara mungkin merasa risih dan terganggu. Jadi mengapa Anda mengalami cegukan?

“Setiap cegukan disebabkan oleh kejang otot diafragma,” kata Eugene Chio, M.D., asisten profesor otolaringologi di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Otot itu adalah lembaran besar yang memisahkan dada dari rongga perut Anda. Saat berkontraksi, otot menekan ke bawah yang menyebabkan tekanan negatif di rongga dada Anda. Hal ini memungkinkan udara mengalir ke paru-paru Anda. Saat otot mengendur, sifat elastis paru-paru Anda menyebabkannya meremas udara melalui hidung dan mulut Anda.

Saraf yang mengendalikan semua tindakan ini disebut saraf frenik, yang mengalir dari otak ke leher Anda, di samping hati dan kerongkongan dalam perjalanan ke diafragma Anda.

“Apa pun yang mengganggu saraf dapat menyebabkan kejang yang mengganggu mekanisme kontraksi dan relaksasi normal otot diafragma,” kata Dr. Chio.

“Dengan sendirinya, cegukan sangat normal dan setiap orang kadang-kadang mengalaminya,” tambahnya. Tapi terkadang masalah saraf terus-menerus bisa menciptakan cegukan.” Itu bisa menyebabkan cegukan terus-menerus, yang berlangsung selama lebih dari 48 jam atau bahkan cegukan yang sulit diatasi, yang berlangsung lebih dari satu bulan. Bahkan ada kasus orang yang mengalami cegukan selama bertahun-tahun.

“Cegukan konstan mungkin juga terkait dengan iritasi atau lesi di sepanjang saraf itu sendiri,” kata Dr. Chio. “Tumor di leher atau dada secara teoritis bisa menjadi penyebab iritasi saraf ini dan kasus cegukan yang sulit diatasi mungkin memerlukan evaluasi dokter lebih lanjut.”

Bagaimana cara menghilangkan cegukan? Ada banyak obat anekdot, mulai dari minum air sangat agar cepat sembuh, dikejutkan teman Anda hingga mengonsumsi sesendok gula putih.

“Sayangnya, tidak ada metode coba dan benar untuk menghilangkan cegukan. Biasanya, mereka hanya akan sendiri.” kata Dr. Chio

Tapi ada beberapa solusi rumahan yang selalu bisa Anda coba, karena tentu saja mereka tidak akan memperburuk keadaan.

Misalnya, cobalah menarik napas dalam-dalam, lalu tahan selama 10 detik. Tanpa menghembuskan napas, hirup sedikit dan tahan lima detik lagi, lalu satu lagi napas pendek, satu lagi tahan lima detik, dan hembuskan napas. Hal ini dapat membantu mengendurkan otot diafragma cukup sehingga “menyetel ulang” dan menghentikan cegukan.