Terbit: 11 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu gejala dari penyakit diabetes adalah mudah mengantuk. Banyak orang yang kemudian khawatir jika mereka mulai mengalami gejala mengantuk atau kelelahan di siang hari. Sebenarnya, seperti apa sih mengantuk yang merupakan tanda-tanda diabetes dan mengantuk yang disebabkan oleh hal yang normal?

Ini Beda Mengantuk Biasa dengan Mengantuk Tanda Diabetes

Pakar kesehatan dr. Wismandari Wisnu, SpPD KEMD dari RS Pondok Indah, Jakarta menyebutkan bahwa penderita diabetes mengalami gejala mudah mengantuk. Padahal, sebelumnya mereka bukanlah orang yang biasa mudah mengantuk saat beraktivitas. Perubahan inilah yang sebaiknya diwaspadai.

Memang, ada orang yang mudah tertidur tatkala melihat tempat yang nyaman seperti kasur atau bantal, namun penderita diabetes bisa saja langsung merasa mengantuk meski sedang dalam kondisi sibuk beraktivitas dan berada di tempat yang tidak nyaman. Meskipun begitu, ada beberapa masalah kesehatan lain yang juga bisa memicu mudah mengantuk. Sebagai contoh, masalah hipotiroid juga menyebabkan efek yang sama.

Hanya saja, jika gejala mudah mengantuk ini juga diiringi dengan gejala lain seperti mudah haus, peningkatan frekuensi buang air kecil, khususnya di malam hari, dan menurunnya berat badan dengan signifikan dalam waktu yang sangat cepat, besar kemungkinan hal ini adalah tanda dari diabetes. Bagi kaum pria, ada baiknya mereka juga mewaspadai gejala impotensi. Sementara itu, bagi kaum hawa sebaiknya juga mewaspadai keputihan.

Gejala lain dari diabetes yang patut untuk diwaspadai adalah pandangan yang buram, kaki dan tangan mudah kesemutan atau mati rasa, dan munculnya gatal-gatal pada kulit tanpa sebab. Jika berbagai gejala ini muncul, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi