Mengalami Kondisi Ini Saat Tidur? Saatnya Ganti Kasur Dengan yang Baru

doktersehat-kaki-kasur-tidur
pic credit: dawid cedler

DokterSehat.Com– Sudah mulai mengeluhkan sakit pada leher atau punggung setelah bangun tidur? Jangan salah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kasur kita yang sudah perlu diganti. Pakar kesehatan Michael Grander, PhD yang berasal dari University of Arizona College of Medicine menyebutkan bahwa ada baiknya kita segera mengganti kasur dengan yang baru jika sudah mulai mengalami gejala kesehatan seperti sebagai berikut.

Terbangun dengan kondisi hidung tersumbat
Jika kita sudah sering mengalami kondisi hidung tersumbat atau hidung berair, bersin-bersin, hingga rasa gatal pada tenggorokan atau mulut, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya kutu kasur. Hanya saja, jika kasur masih dalam kondisi yang baik atau belum lama dibeli, kita bisa rutin mencuci seprai atau sarung bantal, kerap menjemur kasur, atau memakai obat-obatan khusus yang bisa mengatasi kutu tersebut.

Masalah kesehatan kulit
Jika kita mulai mengalami masalah kesehatan kulit layaknya kulit yang kaku, kusam, gatal-gatal, hingga eksim, ada baiknya kita segera mengganti kasur kita. Tak hanya karena kualitas kasur yang kurang baik bagi kulit, kasur yang sudah tidak nyaman untuk digunakan akan menurunkan kualitas tidur dan akhirnya membuat kesehatan kulit ikut terganggu.

Susah untuk segera terlelap
Meskipun badan sudah terasa sangat lelah, kasur yang kurang nyaman akan membuat kita tida segera terlelap. Saat tidur kita juga cenderung merasa kurang nyenyak. Jika hal ini terjadi, segeralah ganti kasur dengan yang baru.

Kurang nyaman saat bangun tidur
Kasur yang sudah tidak nyaman untuk dipakai akan memicu gangguan tidur layaknya sleep apnea atau bahkan asma. Hal ini akan membuat tubuh terasa kurang nyaman, pegal-pegal, dan tidak fit saat bangun tidur.

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Chiropractic Medicine menyebutkan bahwa rata-rata manusia menggunakan kasur selama 9,5 tahun. Setelah waktu tersebut, ada baiknya kita menggantinya dengan yang baru agar tetap bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.