Mengalami Hal Ini Saat Buang Air Kecil? Waspada Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal adalah Penyakit Serius, Benarkah?

DokterSehat.Com– Batu ginjal adalah kondisi dimana di dalam organ ginjal kita terjadi penumpukan atau pengendapan mineral berupa kalsium oksilat atau asam urat yang membentuk batu. Batu ini bisa berukuran kecil atau besar sehingga bisa menghambat saluran buang air kecil. Jika saat kita buang air kecil mengalami kondisi seperti sebagai berikut, ada baiknya kita mewaspadai adanya batu ginjal.

Sakit pada punggung
Tanda utama dari penyakit batu ginjal adalah munculnya rasa sakit pada punggung bagian bawah, perut, atau pinggang. Segera perbanyak air minum atau segera periksakan kondisi ini ke dokter demi mendapatkan solusi yang tepat untuk segera mengatasi batu ginjal.

Sensasi terbakar saat buang air kecil
Tak hanya merasakan sakit pada punggung bagian bawah, pada saat buang air kecil kita juga akan mengalami sensasi terbakar atau panas yang sangat menyiksa. Hanya saja, ada baiknya kita juga mewaspadai masalah kesehatan lain yang menunjukkan gejala yang sama, yakni infeksi saluran kemih.

Urine yang hanya keluar sedikit
Selain merasakan sensasi terbakar, masalah batu ginjal juga ditandai dengan air seni yang hanya keluar dengan sedikit. Padahal, di dalam tubuh masih terasa ada air seni yang ingin dikeluarkan sehingga kita pun akan merasakan sensasi anyang-anyangan. Hal ini disebabkan oleh batu ginjal sudah menghambat saluran air seni sehingga hanya membuat air seni keluar sedikit saja dan tidak tuntas.

Jika sampai anda mengalami kondisi ini, jangan ragu untuk segera pergi ke layanan medis untuk mendapatkan obat atau penanganan yang bisa mengatasi masalah batu ginjal ini.