Mengalami Gejala Ini? Waspada Masalah Kesehatan Serius Pada Perut

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan kesehatan pencernaan sehingga tidak benar-benar memperhatikan gejala yang muncul pada bagian tubuh seperti kerongkongan, perut, atau bahkan pada bagian anus saat buang air besar. Padahal, jika kita mengalami gejala-gejala kesehatan berikut ini, ada baiknya kita mulai mewaspadai adanya masalah kesehatan serius pada saluran pencernaan.

  1. Gangguan menelan

Jika kita mengalami kesulitan dalam menelan, bahkan hanya untuk menelan air putih, ada baiknya kita segera mengunjungi dokter. Menurut Jeffrey Crespin, M.D, dari NYU, jika kita kerap mengalami kesulitan menelan dan diiringi dengan gejala lain seperti batuk-batuk, cegukan, suara serak, atau perut sudah terasa penuh meski baru makan sedikit, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kanker esofagus.

  1. Perut kembung dan bergas

Sebenarnya sensasi perut kembung dan bergas wajar terjadi, apalagi jika kita terbiasa menelan udara saat makan atau mengonsumsi makanan yang bisa memproduksi gas berlebihan. Dilansir dari Men’s Health, jika kita sampai mengalami efek lain seperti perubahan frekuensi buang air besar hingga berat badan yang mendadak turun, ada kemungkinan terjadi masalah kesehatan yang serius pada saluran pencernaan.

  1. Celana tiba-tiba saja sesak

Tak hanya menandakan bahwa berat badan meningkat, perut yang tiba-tiba saja menjadi lebih besar dan disertai dengan gejala lain seperti adanya darah pada kotoran bisa jadi adalah tanda dari masalah pencernaan layaknya GERD, irritable bowel syndrome (IBS), batu empedu, konstipasi, atau penyakit celiac.

  1. Celana tiba-tiba saja longgar

Tak hanya celana yang semakin sesak, celana yang longgar dengan tiba-tiba juga menandakan adanya masalah kesehatan yang serius seperti kanker usus, kanker pankreas, atau kanker perut. Penyakit lain seperti Celiac atau Crohn’s juga bisa menjadi penyebabnya.

  1. Kotoran berwarna hitam

Kondisi ini menandakan terjadinya pendarahan pada bagian dalam pencernaan yang tentu saja patut untuk diwaspadai.

Jika sampai mengalami gejala-gejala kesehatan tersebut, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat ya?