Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk mendengarkan musik saat tidur. Biasanya, mereka memilih lagu yang tenang dan santai yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Diharapkan, hal ini akan membuat tubuh lebih cepat mengantuk dan akhirnya terlelap. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita tidur dengan mendengarkan musik?

Berbahayakah Mendengarkan Musik Saat Tidur?

Menurut sebuah penelitian, mendengarkan lagu dengan beat yang lambat, yakni sekitar 60 beat per menit bisa membuat kita cepat mengantuk. Otak dan denyut jantung akan mengikuti alunan lagu sehingga pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Kita pun akan tidur dengan lebih cepat.

Sebuah penelitian bahkan menghasilkan fakta bahwa dengan mendengarkan lagu yang santai, maka kita bisa mengatasi stres yang bisa menyebabkan insomnia. Hal ini berarti, bagi sebagian orang, mendengarkan lagu di malam hari bisa mengatasi masalah susah tidur dengan efektif.

Hanya saja, tidur sambil mendengarkan musik juga bisa memberikan kerugian tersendiri. Otak kita akan terus bekerja karena mendengarkan gelombang suara yang ditangkap oleh indra pendengaran.

Memang, otak tetap akan bekerja saat kita tidur, namun, kinerja ini meningkat karena terus memproses informasi dari pendengaran. Bagi sebagian orang, hal ini justru bisa membuat tidur tidak nyenyak atau bahkan sering terbangun.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Jika kita mendengarkan musik sambil memakai earphone, hal ini bahkan bisa semakin membahayakan kesehatan. Sirkulasi udara di lubang telinga akan terganggu dan membuat kotoran semakin menumpuk di dalam telinga.

Selain itu, kita juga akan mudah mengalami pegal-pegal pada lubang telinga. Jika kita memakai earphone dengan suara yang kencang, risiko untuk mengalami penurunan fungsi pendengaran juga akan meningkat.

Jika memang kita mengalami masalah susah tidur atau insomnia, jangan terburu-buru memakai tips mendengarkan musik saat tidur karena belum tentu cara ini efektif untuk mengatasinya. Ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan solusi yang tepat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi