Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat bayi yang baru lahir tentu sangat menyenangkan ya, Bunda? Bunda perlu memerhatikan bukan hanya pertumbuhan dan kesehatan bayi namun juga perawatan tubuhnya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah penggunaan detergen khusus baju bayi. Benarkah baju bayi harus dicuci dengan detergen khusus?

Mencuci Baju Bayi, Haruskah dengan Detergen Khusus?

Perlukah mencuci baju bayi dengan detergen khusus?

Saat ini di pasaran banyak beredar produk detergen khusus bayi. Kadang hal ini membuat orang tua merasa harus mencuci baju bayi dengan detergen khusus tersebut. Namun sebenarnya detergen khusus bayi ini tidak selalu diperlukan. Ibu tetap dapat mencuci baju bayi menggunakan detergen yang sama dengan detergen yang dipakai anggota keluarga lainnya.

Meskipun demikian, ibu tetap perlu memerhatikan kondisi kulit bayi. Beberapa bayi memiliki alergi pada detergen tertentu yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal atau muncul ruam. Jika timbul gejala alergi pada kulit bayi, saat itulah diperlukan detergen khusus bayi yang umumnya bersifat bebas alergi.

Tips mencuci baju bayi

Selain penggunaan detergen, Anda juga perlu mencuci baju bayi dengan baik dan benar. Beberapa tips mencuci baju bayi antara lain:
1. Pisahkan baju yang terkena noda membandel
Sebelum mencampur baju kotor bayi dalam satu tempat, bersihkan noda-noda pada baju bayi terlebih dahulu dengan mengucek atau menyiramnya hingga bersih. Setelah noda atau kotoran hilang, baru campur dengan baju kotor lainnya.

2. Selalu cuci baju yang baru dibeli
Sebelum memakaikan baju baru pada anak, sebaiknya cuci bersih dulu semua baju anak-anak untuk menghindari risiko anak terkena alergi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Waspada penggunaan pelembut atau pewangi pakaian
Tidak semua bayi cocok dengan pelembut atau pewangi pakaian. Jika anak Anda alergi dengan kedua bahan tersebut, maka sebaiknya hentikan penggunaannya atau gunakan bahan yang lebih aman bagi kulit bayi. Jangan lupa untuk selalu membilas dengan bersih.

4. Pisahkan baju bayi dengan baju dewasa
Selalu pisahkan antara baju kotor bayi dengan baju dewasa . Pakaian dapat menjadi salah satu media penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan penularan penyakit seperti penyakit kulit.

5. Keringkan baju bayi dengan baik
Baju yang tidak dikeringkan dengan baik dapat menjadi lembap dan menjadi tempat berkembang biaknya jamur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi