Terbit: 28 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang selama ini justru salah kaprah dalam merawat kesehatan kulit. Alih-alih ingin menjadikan kulit wajah tampak lebih bersih dan sehat, Anda kerap melewatkan untuk memberikan perawatan serupa pada bagian leher. Tidak heran jika kulit leher akan tampak lebih gelap dibanding kulit wajah Anda. Hal tersebut tentu aja akan mempengaruhi penampilan. Kendati demikian, kondisi tersebut dapat diatasi dengan menggunakan sejumlah cara alami berikut.

doktersehat-mencerahkan-kulit-leher-hitam

1. Gel Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit leher yang menghitam atau lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah adalah gel lidah buaya. Dilansir dari laman Stylecraze, gel lidah buaya dilengkapi dengan kandungan aloesin. Aloesin sendiri merupakan salah satu jenis flavonoid yang mampu mencerahkan kulit dengan mencegah pembentukan melanin. Tidak hanya mencerahkan, penggunaan gel lidah buaya juga dapat melembapkan kulit leher.

2. Cuka Apel

Bahan lain yang dapat dijadikan referensi adalah cuka apel. Cuka apel sendirimemiliki pH yang rendah yang ampuh dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit. Kondisi yang demikian rupanya berimbas pada kulit yang menjadi lebih bercahaya. Tidak hanya itu saja, penggunaan cuka apel juga ampuh meluruhkan sel kulit mati yang kerap menjadikan kulit tampak gelap dan kusam. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan cuka apel, jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer setelahnya untuk mencegah kulit kering.

3. Minyak Almond

Selain dua bahan di atas, Anda dapat menggunakan minyak esensial. Salah satunya adalah minyak yang terbuat dari kacang almond. Hal ini lantaran minyak almond diperkaya dengan kandungan vitamin E. Vitamin E sendiri tidak hanya berperan sebagai bahan moisturizer saja, tetapi juga menstimulasi proses rejuvenasi kulit. Lebih lanjut, minyak almond juga berperan sebagai bleaching agent yang dapat memutihkan kulit secara alami.

Nah, bahan-bahan alami di atas dapat diaplikasikan secara langsung atau pun dicampur dengan sejumlah bahan lainnya. Kendati demikian, jangan melupakan untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit secara teratur pada kulit leher agar tetap terjaga kesehatannya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi