Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit putih sebenarnya memang bukan tipikal orang Indonesia asli. Dengan berbagai suku yang tinggal di nusantara, Indonesia terdiri dari berbagai macam warna kulit. Namun di antara sekian banyak, yang paling mendominasi adalah warna kulit sawo matang. Sayangnya, masih banyak orang Indonesia yang beranggapan bahwa kulit putih adalah yang terbaik.

Cara Ampuh Mencerahkan Kulit dengan Buah Asam

Nyatanya, beberapa ahli mengungkapkan bahwa warna kulit sebenarnya tidak terlalu penting untuk kecantikan. Apapun warna kulit Anda, hal yang paling penting adalah terlihat cerah. Kulit yang cerah tak berarti harus putih, namun bisa karena tekstur yang halus, bersih, dan bebas noda. Dan semua itu bisa diperoleh dengan mudah dengan bahan-bahan di sekitar kita.

Salah satu bahan alami yang cukup mudah didapat dan diolah adalah asam. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah yang juga dikenal dengan nama Tamarind bisa mengusir segala macam spot hitam di wajah, dan membuat wajah tampak lebih cerah. Bagaimana caranya?

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain adalah 30 gram bulir asam, 150 gram air hangat, dan setengah sendok teh kunyit bubuk. Bahan-bahan tersebut akan diolah untuk menjadi masker wajah yang sangat ampuh untuk kecantikanmu.

Caranya, rendam bulir asam dalam air hangat selama 10 menit, kemudian ambil ekstraknya. Tambahkan kunyit ke dalam ekstraknya, dan adonan pun selesai. Anda tinggal mengaplikasikannya pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Jika sudah cukup, basuh wajah dan keringkan.

Untuk hasil yang lebih bagus, Anda juga bisa mengganti kunyit dengan masing-masing satu sendok teh lemon dan madu. Campurkan semua bahan, dan gunakan sebagai masker selama 15 menit. Cara ini memang sangat sederhana, namun jika dilakukan dengan teratur, maka kandungan vitamin C di dalam buah asam akan membantu menghilangkan berbagai masalah kulit yang selama ini mengganggu kecantikan Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi