Terbit: 24 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kita selalu dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum saat sahur agar puasanya bisa pol. Kalau kebutuhan makan sampai kurang, kita bisa lemas karena energi yang diserap tubuh mengecil.

doktersehat vertigo

Sementara itu, saat kita tidak bisa mencukupi kebutuhan air, tubuh akan mengalami dehidrasi yang cukup akut. Kondisi ini bisa memicu munculnya masalah kesehatan seperti pusing hingga yang terparah adalah vertigo.

Vertigo adalah gangguan keseimbangan yang sering dialami oleh mereka yang lanjut usia atau yang memiliki masalah pada tubuh. Saat vertigo muncul, keseimbangan jadi turun sehingga Anda susah berdiri, duduk, dan bergerak.

Kondisi vertigo ini biasanya muncul selama beberapa detik atau menit. Namun, pada beberapa orang efeknya bisa panjang dan mengganggu aktivitas kerja selama menjalankan puasa.

Cara mencegah vertigo

Jika Anda sudah mengalami vertigo, jalan satu-satunya yang bisa diambil untuk mengatasi kondisi ini adalah istirahat. Kalau Anda tidak mau vertigo datang dan mengacaukan semuanya, coba simak cara pencegahannya berikut ini.

  • Buat kepala lebih tinggi dari badan bagian bawah saat tidur. Anda bisa menggunakan dua bantal yang ditumpuk untuk menghindari munculnya vertigo di siang hari saat puasa.
  • Jangan lupakan olahraga. Lakukan jalan kaki, jogging, atau olahraga intensitas ringan lain yang tidak terlalu menyiksa tubuh.
  • Saat akan bangkit dari tempat duduk hendaknya dilakukan perlahan-lahan saja. Jangan langsung bangkit apalagi tubuh sedang lemas.
  • Hindari melakukan gerakan yang cukup menyiksa punggung dan juga leher. Kalau leher agak sakit lakukan peregangan dengan segera.
  • Beristirahatlah yang cukup saat malam hari. Kalau memungkinkan Anda disarankan untuk tidur setelah menuntaskan sahur.

Penyebab vertigo

Vertigo tidak muncul begitu saja pada tubuh dan menghilangkan keseimbangan. Ada beberapa hal yang memicu munculnya vertigo saat puasa.

  1. Tekanan darah rendah

Saat puasa asupan nutrisi ke dalam tubuh kerap turun cukup signifikan. Kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami penurunan tekanan darah yang cukup besar.

Untuk mengatasi kondisi ini basanya saat sahur dan berbuka, seseorang diwajibkan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Protein, karbohidrat, dan lemak harus seimbang agar tekanan darah kembali normal seperti biasanya.

  1. Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah biasanya dialami oleh wanita yang mengalami gangguan pada tubuhnya. Kondisi ini juga muncul karena tubuh mengalami dehidrasi yang cukup akut.

Sakit kepala sebelah yang cukup akut memicu munculnya vertigo yang menyiksa. Jadi, kalau tidak ingin mengalami penurunan keseimbangan tubuh, jaga kesehatan baik-baik. Minumlah air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

  1. Gula darah rendah

Kurangnya asupan makanan terutama gula membuat tubuh mengalami penurunan kadar gula darah. Penurunan ini akan memberikan efek lemas yang cukup besar sehingga memicu munculnya vertigo.

Untuk menaikkan gula darah yang terlanjur rendah, coba konsumsi makanan atau minuman manis saat sahur dan berbuka. Anda bisa mengonsumsi juga buah-buahan yang manis seperti jambu biji, semangka, melon, dan kurma.

  1. Sirkulasi darah yang buruk

Saat sedang puasa kita cenderung pasif dan tidak melakukan apa-apa saat senggang. Kondisi ini semakin diperparah degan kebiasaan makan yang buruk selama berbuka puasa dan juga sahur.

Pasif dan tidak mau berolahraga akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh turun perlahan-lahan. Kondisi ini akan memicu munculnya vertigo diikuti dengan rasa lemas yang teramat sangat dan juga lemas yang bisa berujung pingsan.

Semoga puasa yang kita jalankan tahun ini bisa lancar dan gangguan seperti vertigo tidak muncul dan merusak semuanya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi