Cara Mencegah dan Menyembuhkan Varises

nyeri kaki-doktersehat-1024

DokterSehat.Com– Orang yang memiliki varises di kaki akan selalu berpikir bahwa mereka takut untuk berolahraga karena dapat memperburuk varisesnya. Tapi, perlu diketahui bahwa jika kita melakukan olahraga yang tepat ternyata bisa meningkatkan sirkulasi darah di kaki sehingga mampu membantu mencegah atau mengurangi varises.

Dengan melakukan olahraga yang melibatkan kaki, tentu kita bisa mencegah terjadinya spider veins, salah satunya adalah varises. Yang paling efektif adalah dengan melatih otot-otot betis yang lebih rendah. Sebab, varises merupakan urat pada dinding lemah yang bisa menyebabkan terjadinya tonjolan pada permukaan kulit.

Beberapa olahraga seperti renang, jalan santai, bersepeda, lari pagi, senam aerobik secara rutin dapat mencegah terjadinya varises. Namun jika sudah terlanjur memiliki varises, maka kita perlu melatih kaki kita untuk mengurangi varises pada kaki. Berikut ini adalah beberapa latihan gerak yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengobati varises.

1. Peregangan Betis

Peregangan betis bisa kita lakukan ketika kita melakukan aerobik. Lakukan dengan alat bantu seperti kursi pendek dan tangga. Berdirilah di atas tangga dan usahakan tumit kaki diperpanjang hingga ke ujung tangga. Kemudian naikkan badan menggunakan jari-jari kaki alias jinjit. Lakukan hal ini secara berulang-ulang untuk meregangkan betis Anda dan mencegah terjadinya varises.

2. Hindari Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Untuk mencegah terjadi varises, sebaiknya hindari duduk dan berdiri terlalu lama. Karena ketika kita duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, membuat tekanan pada pembuluh darah kaki kita. Jadi, lakukan aktivitas monoton ini maksimal 40 menit. Jika sudah lebih dari 40 menit, Anda bisa melakukan aktivitas lain.

3. Hindari Penggunaan Heels

Mungkin untuk kaum wanita, sebaiknya hidnari penggunaan sepatu heels. Alias jangan terlalu sering menggunakan sepatu heels, tapi gunakan seperlunya saja. Lebih baik Anda menggunakan sepatu dengan tumit rendah, sebab sepatu dengan tumit rendah dapat memberikan kesempatan otot betis bekerja secara optimal. Sehingga hal ini mampu menghilangkan dan mencegah terjadinya varises.