Cegah Sakit Gigi dengan Cara Sederhana Berikut Ini

doktersehat-mengatasi-plak-gigi
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Gigi merupakan bagian organ mulut yang harus selalu dijaga kebersihannya. Sebab, jika gigi dibiarkan dalam keadaan kotor, maka akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah sakit gigi. Ketika sakit gigi, seluruh badan juga akan terasa sakit, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Maka tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa sakit gigi tidak bisa disepelekan begitu saja. Sehingga mereka akan melakukan segala cara untuk mengobatinya, mulai dari mengonsumsi obat sakit gigi hingga pergi ke dokter gigi.

Namun, daripada harus mengobati, ada baiknya jika dicegah terlebih dahulu sebelum sakit gigi tersebut muncul. Untuk mencegah sakit gigi, Anda cukup melakukan beberapa cara sederhana saja yang bisa dilakukan setiap hari di rumah. Penasaran? Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah sakit gigi:

1. Membersihkan Gigi

Jika selama ini Anda masih malas untuk menggosok gigi, sebaiknya kebiasaan jorok tersebut segera Anda tinggalkan. Pasalnya, malas membersihkan gigi bisa menyebabkan masalah pada gigi, terutama sakit gigi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggosok gigi sedikitnya 2 kali sehari agar penyebaran kuman bisa dihentikan. Selain itu, jika Anda termasuk penggemar daging dan makanan manis, jangan lupa untuk segera menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut.

2. Pelindung Gigi

Menggunakan pelindung gigi tidak ada salahnya untuk mencegah sakit gigi. Anda bisa menggunakannya sebelum tidur. Cara ini sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur secara tidak sengaja yang bisa membuat gigi terkikis dan terasa ngilu.

3. Sikat Gigi dengan Lembut

Tidak hanya rutin menggosok gigi saja, namun cara menggosok gigi yang benar juga harus selalu Anda perhatikan. Mungkin selama ini Anda melakukan gerakan menyikat gigi secara kasar karena dianggap lebih cepat dan lebh bersih. Mulai sekarang sebaiknya Anda menyikat gigi dengan lembut. Sebab, menyikat gigi terlalu kasar bisa merusak email gigi dan mengikis gusi Anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut agar bisa menjangkau ke sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

4. Rutin Memeriksakan Gigi

Cara yang terakhir adalah jangan sampai melewatkan pemeriksaan gigi. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi yang sudah ahli untuk membersihkan gigi Anda secara menyeluruh serta untuk membersihkan karang gigi yang bisa merusak penampilan Anda.