Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak disukai. Tidak hanya menyegarkan tubuh, berenang juga sangat mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, berenang ternyata tidak hanya menjadikan tubuh menjadi lebih bugar. Namun, juga menjadikan rambut bertekstur kasar dan kering. Tidak heran jika rambut menjadi lebih mudah kusut. Nah, untuk mencegah dan menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya jika Anda melakukan sejumlah cara berikut.

Mencegah Rambut Kusut dan Kasar Bagi Anda yang Gemar Berenang

Photo Credit : pexels.com

1. Mengepang Rambut

Dilansir dari laman Bustle salah satu cara menghindari rambut kusut adalah dengan mengepang rambut. Mengepang rambut akan menjadikan rambut lebih rapi kendati Anda berada di dalam air. Cara ini jauh lebih ampuh dibandingkan dengan hanya mengikat rambut saja.

2. Menggunakan Cap Khusus

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan topi khusus yang digunakan saat berenang. Tidak hanya mencegah rambut kusut, cap ini juga melindungi rambut dari paparan zat klorin yang banyak ditambahkan ke air kolam. Zat klorin sendiri menjadi penyebab utama mengapa rambut menjadi kering dan kasar.

3. Aplikasikan Conditioner

Saat membilas rambut, jangan hanya menggunakan shampoo saja. Usahakan untuk selalu menggunakan conditioner untuk mengembalikan kelembapan rambut. Pastikan jika conditioner yang diaplikasikan juga sesuai dengan kondisi rambut untuk memberikan hasil optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Rambut yang kasar dan kering setelah berenang tentu saja akan menjadikan penampilan kurang menarik. Namun jangan jadikan hal etsrebut sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Anda masih bisa berenang tanpa mengalami sejumlah masalah tersebut dengan menjajal cara-cara mudah di atas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi