7 Cara Menjaga Rumah dari Wabah Flu yang Cepat Menyebar

cegah-flu-di-rumah-doktersehat

DokterSehat.Com – Flu adalah salah satu penyakit yang sering diabaikan. Bagi beberapa orang, flu hanyalah penyakit biasa yang hilang dengan sendirinya. Namun, flu yang menyerang dengan sangat intens bisa menyebabkan masalah yang sangat besar. Misal susah berkonsentrasi dengan apa pun yang dilakukan.

Hal lain yang membuat flu ini menjadi sangat berbahaya dan harus disembuhkan adalah penularan yang mudah terjadi. Virus flu bisa dengan mudah menyebar melalui udara. Kalau dalam satu rumah ada satu orang yang kena flu, hampir semua orang akan mengalaminya juga. Oleh karena itu kita harus melakukan beberapa hal di bawah ini agar virus tidak mudah menular dan semua orang jadi sakit.

Mencegah flu menular di lingkungan rumah

Flu ditularkan oleh virus influenza. Penyakit ini mudah menyebar karena bisa hidup di udara. Begitu udara bervirus terhirup, kemungkinan terjadi infeksi akan besar. Nah, agar di dalam rumah tidak terkena flu, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Menurut hidung dan mulut saat bersin

Flu adalah penyakit yang bisa menyebarkan virus melalui udara. Begitu ada yang bersin, virus akan menyebar dan terhirup oleh orang lain. Kalau Anda kebetulan yang memiliki flu, selalu tutup hidung dan mulut dengan sapu tangan atau tisu agar virus menempel di sana dan bisa segera dibuang. Jangan menutup dengan tangan karena bisa menempel di sana.

Kalau yang sakit adalah orang lain di dalam rumah, ada baiknya Anda sering mengingatkan. Misal anak yang sakit, minta mereka membawa sapu tangan di sakunya sehingga saat akan bersin bisa segera diambil dan digunakan. Membiasakan hal sederhana ini akan membuat virus susah menular.

  1. Hindari menyentuh area wajah

Kalau Anda sudah masuk rumah dan memegang benda apa pun, jangan sesekali menyentuh area wajah. Kita tidak tahu apakah benda yang ada di rumah bersih dan terbebas dari virus atau tidak. Kalau Anda tidak sengaja menyentuhnya, virus akan otomatis menyebar dengan cepat.

Kalau sedang batuk dan flu, jangan sentuh juga area wajah. Meski sudah terinfeksi, jangan menyentuh area wajah dengan sengaja. Virus kemungkinan akan masuk lagi sehingga peluang terjadi penyembuhan akan rendah. Lakukan dengan hati-hati akan terbiasa.

  1. Bersihkan tangan lebih sering

Bersihkan tangan dengan lebih sering setiap harinya. Kalau Anda terbiasa menyentuh area wajah secara langsung, ada baiknya selalu membawa hand sanitizer. Begitu akan menyentuh area wajah, ada baiknya untuk mengaplikasikan cairan atau gel pembersih kuman dan virus di tangan. Dengan begitu, tidak akan ada virus yang masuk.

Selain dengan menggunakan hand sanitizer, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci. Cuci setiap beberapa jam sekali. Dengan mencuci tangan, meski tidak sengaja menyentuh area wajah, Anda tidak akan terkena virus karena tangan selalu bersih.

  1. Batasi kontak dengan yang sakit

Batasi kontak dengan anggota keluarga yang sakit. Bila ada perlu bisa melakukan komunikasi jarak jauh. Kalau kontak tetap sering dilakukan, penularan bisa saja terjadi dengan mudah meski sudah cuci tangan dan memakai masker.

  1. Bersihkan rumah secara rutin

Bersihkan area rumah secara rutin khususnya ruangan yang sering digunakan untuk berkumpul. Misal ruang makan atau keluarga. Dengan membersihkannya, kemungkinan virus menempel akan hilang.

  1. Selalu gunakan masker

Selalu gunakan masker ketika banyak orang rumah mengalami flu. Minta mereka juga menggunakannya agar penyebaran virus tidak berjalan dengan cepat. Masker akan menyaring udara sehingga virus tidak akan keluar atau masuk ke hidung.

  1. Melakukan vaksinasi

Meski di Indonesia belum umum dengan vaksin flu khususnya saat dewasa, tidak ada salahnya untuk melakukannya juga. Coba hubungi dokter terkait dengan vaksinasi flu apakah bisa dilakukan atau tidak. Jika tidak, mintalah saran agar tubuh lebih kebal dengan flu yang sedang mewabah.

Mencegah tertular flu

Kalau Anda ingin selalu sehat dan terhindar dari flu, coba lakukan beberapa hal di bawah ini. Meski satu keluarga sedang sakit, Anda bisa terhindar dari infeksi.

  • Sebisa mungkin memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Kebutuhan air setiap hari sekitar 6-8 gelas. Dengan memenuhi kebutuhan air tubuh tidak akan mudah sakit, metabolisme meningkat, dan daya tahan selalu terjaga. Begitu ada virus masuk, tubuh tidak akan terinfeksi dengan mudah.
  • Tidak menyentuh barang-barang yang biasanya digunakan oleh orang rumah yang sedang sakit. Misal ponsel yang sering dipegang. Kemungkinan besar barang-barang yang sudah dipegang akan terkontaminasi virus. Kalau Anda memegang benda itu lalu menyentuh area mulut, kemungkinan tertular akan besar.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik. Jangan makan sembarangan dan usahakan apa yang dikonsumsi bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Kalau Anda bisa melakukannya, kemungkinan terkena infeksi akan rendah.
  • Kalau Anda merasa tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan daya tahan tubuh. Ada baiknya untuk mau mengonsumsi suplemen. Dengan suplemen peningkat dahan tahan, tubuh bisa dipertahankan sehingga virus tidak akan mudah menginfeksi.
  • Lakukan olahraga secara intens setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga yang bisa dilakukan meliputi jogging, jalan santai, hingga angkat beban di gym. Kalau Anda suka jenis olahraga lain, lakukan saja asal bisa konsisten dan tubuh mampu melakukannya.

Virus flu memang tidak terlihat dan di mana saja tidak hanya di rumah bisa menyebar dengan mudah. Cara terbaik yang bisa dilakukan agar tidak terkena flu adalah mencegah dan membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan melakukan hal-hal itu, flu tidak akan menyebar dan Anda sekeluarga bisa selalu sehat setiap saat.