Terbit: 7 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan wanita, sebagian besar pria memang dikenal tidak acuh dengan penampilannya. Akibat tidak memperhatikan kondisi fisiknya khususnya area wajah, pria akhirnya mudah terlihat lebih tua meski usianya belum banyak. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui trik dan cara mencegah penuaan dini pada pria

5 Trik Mudah untuk Mencegah Penuaan Dini pada Pria

Nah, agar kondisi penuaan dini tidak terjadi, pria sudah sepantasnya mau memerhatikan kondisi tubuhnya. Merawat diri bukan berarti pria jadi kehilangan sisi maskulinitasnya. Justru dengan merawat diri, mereka akan lebih menarik di mata pasangan atau lawan jenis.

Begini cara mudah mencegah penuaan dini pada pria:

  1. Perbaiki pola makan dengan benar

Cara mencegah penuaan dini pada pria yang pertama adalah mengubah pola makan. Anda tidak perlu sampai diet ketat dan terus-terusan menahan lapar setiap harinya. Cukup atur sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian. Jangan makan berlebihan yang menyebabkan tubuh mengalami surplus kalori. Kalau hal ini sampai terjadi, Anda akan mengalami obesitas.

Selain mengatur banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh, ada baiknya membatasi kebutuhan gula dan makanan dengan kadar karbohidrat tinggi. Perbanyak sayur dan protein dalam diet sehari-hari. Anda boleh mengonsumsi lemak asalkan lemak sehat seperti alpukat dan minyak kelapa murni.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Berolahraga rutin setiap hari

Salah satu penyebab penuaan dini pada pria adalah malasnya mereka bergerak dan berolahraga setiap hari. Malas bergerak akan membuat metabolisme di dalam tubuh menurun. Kalau metabolisme menurun, kemungkinan terjadi penimbunan lemak cukup tinggi. Selain itu peredaran darah juga tidak bisa berjalan dengan lancar.

Tidak berolahraga juga membuat pembaruan sel pada tubuh berjalan terhambat. Kalau hal ini sampai terjadi, kulit di area wajah dan bagian tubuh lain terlihat kusam dan mengerut. Pria akan mengalami penuaan dini meski secara usia mereka masih terbilang muda. Oleh karena itu, cara mengatasi penuaan dini pada pria adalah dengan berolahraga secara rutin.

  1. Menghindari rokok dan alkohol

Pria cenderung lebih banyak merokok ketimbang wanita, padahal rokok mengandung banyak sekali radikal bebas dan racun. Kalau rokok diisap, racun akan masuk ke dalam tubuh dan ikut dengan pembuluh darah. Sel dan organ di dalam tubuh akan mengalami penuaan dini termasuk penis.

Hal senada juga akan terjadi kalau pria mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Kalau ingin awet muda dan memiliki performa yang baik di atas ranjang, hindari dua hal ini atau kalau bisa berhenti sama sekali untuk mencegah penuaan dini pada pria.

  1. Istirahat yang cukup

Saat bekerja terlalu banyak hingga mengalami stres, tubuh akan menghasilkan banyak hormon yang menyebabkan penuaan. Oleh karena itu, pria yang terlalu sibuk bekerja disarankan untuk lebih banyak istirahat saat malam hari atau saat akhir pekan melakukan pelesir kecil-kecilan untuk menyegarkan pikiran.

Masalah istirahat mungkin terlihat sepele, tapi efeknya cukup banyak. Pria yang waktu istirahatnya mengalami penurunan sering sekali tidak bisa mengontrol nafsu makannya. Karena terlalu stres, mereka jadi kerap makan apa saja sehingga kegemukan kerap terjadi.

  1. Merawat kulit dengan benar

Kalau empat hal di atas sudah Anda jalankan dengan benar, coba tambah trik mencegah penuaan dini pada pria yang satu ini untuk membuat semuanya jadi sempurna. Anda bisa menggunakan produk perawatan wajah khusus pria untuk membuat kulit selalu segar. Cukup gunakan pencuci wajah sebelum tidur atau pakai tabir surya kalau sering bekerja di luar.

Itu dia beberapa trik dan cara mencegah penuaan dini pada pria. Mana yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi